Ulasan Teleskop: Celestron Travel Scope 70

Teleskop Celestron Travel 70. Kredit: Celestron.com
Info Astronomy - Mulai pekan ini, setiap hari Kamis, kami akan memberikan ulasan atau review teleskop untuk pembaca. Di ulasan pertama ini, kami akan membahas tentang teleskop Celestron Travel Scope 70. Apa kelebihan dan manfaat teleskop ini? Mari simak.

Menurut kami, Celestron Travel Scope 70 merupakan pilihan teleskop yang sangat baik bagi Anda yang mencari teleskop portabel yang mudah digunakan. Teleskop ini berukuran kecil, sehingga muat untuk dimasukkan ke dalam tas berserta dengan tripodnya.

Bagi Anda para pemula astronomi yang ingin mengamati benda-benda langit sambil jalan-jalan, Celestron Travel Scope 70 adalah pilihan yang cocok.

Teleskop Celestron Travel Scope 70. Kredit: Celestron.com

Spesifikasi

Hal utama yang perlu diperhatikan sebelum membeli teleskop tentunya adalah spesifikasi. Untuk teleskop Celestron Travel Scope 70, berikut spesifikasinya:
  • Refraktor 70mm
  • Aperture 2,76 inci
  • Eyepieces 10mm dan 20mm
  • Panjang fokus 400mm
  • Rasio fokus f/5,7
  • Cermin diagonal 45 derajat
  • Dilengkapi tas ransel khusus
Dari spesifikasi di atas, kita bisa melihat bahwa teleskop ini merupakan jenis teleskop refraktor (teleskop yang memanfaatkan lensa). Dengan bukaan atau aperture 2,76 inci, teleskop ini dapat memberikan pandangan terang dan tajam. Walaupun bukaan tersebut terasa agak kecil, namun untuk kelas teleskop portabel, bukaan tersebut menurut kami sudah cukup baik.

Pengamatan Benda Langit

Bulan adalah target pengamatan yang besar dan terang, dan teleskop ini merupakan teleskop yang bagus untuk mengamati permukaan Bulan baik dengan eyepiece-nya yang 10mm maupun yang 20mm.

Tampilan Bulannya cukup tajam dan jernih, menunjukkan detail permukaan yang bagus. Berikut hasil pengamatan wajah Bulan dengan Celestron Travel Scope 70:

Bulan dipotret dengan teleskop Celestron Travel Scope 70. Kredit: Celestron.com
Teleskop ini juga bisa diandalkan untuk mengamati dua planet raksasa gas, Jupiter dan Saturnus. Ketika melihat Saturnus dengan eyepiece 20mm, teleskop ini akan membuat Anda bisa melihat cincin Saturnus. Dan saat dicoba mengamati Jupiter, Anda bisa melihat garis-garis atmofer Jupiter lengkap dengan empat satelit alami terbesarnya.

Namun, sama seperti telekop lainnya, Anda hanya akan melihat setitik cahaya bila mencoba mengamati bintang. Walau begitu, kita bisa memanfaatkan telekop ini untuk mengamati gugus bintang, baik gugus bintang terbuka maupun gugus bintang bola.


Dengan eyepiece 20mm, Anda bisa melihat gugus bintang NGC 6231 di rasi bintang Skorpius yang terlihat seperti setumpuk berlian yang bersinar di langit malam. Pengamatan terhadap gugus bintang Pleiades di rasi bintang Taurus pun tak kalah menarik.

Sayangnya, untuk pengamatan galaksi akan terlalu redup menggunakan teleskop kecil ini. Sebagai contoh, bila digunakan untuk mengamati galaksi Andromeda, nantinya Anda hanya akan melihat objek seperti bayangan yang sangat redup.

Walau begitu, pengamatan benda-benda langit, baik dengan teleskop kecil maupun teleskop besar, memerlukan lokasi pengamatan yang cerah dan bebas polusi cahaya untuk mendapatkan hasil pengamatan yang baik.

Ikhtisar

Teleskop ini paling cocok untuk para astronom amatir pemula yang menginginkan teleskop portabel yang mudah digunakan. Celestron Travel Scope 70 cukup mudah digunakan bagi pemula.

Paket teleskop ini akan termasuk perangkat lunak astronomi Sky X, yang akan dapat digunakan untuk panduan penggunaan teleskop. Portabilitas dan daya tahan juga menjadikannya pilihan tepat bagi Anda yang sedang mencari teleskop dengan anggaran yang tidak terlalu besar.

Teleskop apa lagi yang harus kami ulas pekan depan? Sarankan melalui formulir kontak di sini.


Harga di pasaran: Rp 2.250.000,- s/d Rp 2.800.000,-
Beli teleskop ini di InfoAstronomyStore
Ulasan Teleskop: Celestron Travel Scope 70 Ulasan Teleskop: Celestron Travel Scope 70 Reviewed by Riza Miftah Muharram on Januari 11, 2018 Rating: 5

Hype - Jangan Lewatkan!