Pekan Antariksa Dunia 2017

Pekan Antariksa Dunia. Kredit: Worldspaceweek.org
Info Astronomy - Setiap tahunnya, pada tanggal 4 sampai 10 Oktober, kita merayakan apa yang disebut sebagai Pekan Antariksa Dunia. Apa tujuan dari perayaan ini dan mengapa dirayakan mulai tanggal ini sampai sepekan ke depan?

Pekan Antariksa Dunia merupakan perayaan sains dan teknologi serta kontribusinya terhadap perbaikan peradaban manusia. Tanggal 4-10 Oktober ini ditetapkan sebagai Pekan Antariksa Dunia secara resmi oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 6 Desember tahun 1999.

Alasan tanggal ini dipilih adalah untuk memperingati diluncurkannya Sputnik 1, satelit pertama buatan manusia yang diluncurkan ke orbit Bumi pada 4 Oktober 1957. Sementara itu, tanggal 10 Oktober dipilih karena merupakan tanggal di mana Traktat Luar Angkasa ditandatangani tahun 1967.

Traktat tersebut menjadi dasar hukum luar angkasa. Beberapa asas penting yang ada di dalam traktat ini antara lain pelarangan penempatan senjata nuklir atau pemusnah massal di luar angkasa, termasuk di orbit Bumi, Bulan, dan benda langit lainnya. Traktat ini juga menjadi perjanjian bahwa benda-benda langit hanya boleh dimanfaatkan untuk tempat penelitian, bukan tempat percobaan senjata atau menjadi basis militer.

Traktat ini secara eksplisit melarang klaim atas Bulan atau benda langit lainnya, dan menyatakan bahwa benda-benda langit tersebut merupakan warisan bersama manusia. Namun, negara pertama yang meluncurkan wahana antariksa ke sebuah benda langit akan memiliki jurisdiksi dan kontrol terhadap benda langit tersebut. Akan tetapi, negara tersebut juga wajib bertanggung jawab atas kerusakan yang diakibatkan oleh objek angkasa yang mereka luncurkan.

Kembali lagi ke pembahasan Pekan Antariksa Dunia, perayaan ini dilakukan untuk memperingati hal-hal di atas. Pekan Antariksa Dunia merupakan perayaan kemenangan pemahaman bahwa antariksa milik seluruh manusia dan bahwa manusia bisa dipersatukan melaluinya.

Tidak ada bahasa yang lebih universal selain kita semua adalah warga Bumi, sebuah planet yang sejatinya merupakan titik biru kehijauan (pale blue dot) yang mengarungi luasnya jagat raya, yang harus kita jaga dan pelihara kelestariannya.

Dengan diadakannya Pekan Antariksa Dunia, diharapkan warga dunia bisa menyadari akan pentingnya menjaga dan melestarikan Bumi, serta pentingnya pendidikan sains dan teknologi. Karena sejauh ini, tolok ukur negara maju adalah pada bidang sains dan teknologinya. Bila sains dan teknologinya maju, maka negara tersebut tergolong negara maju.

Pekan Antariksa Dunia bertujuan untuk menggairahkan orang, khususnya kaum muda, untuk lebih tertarik mempelajari sains dan teknologi. Dengan Pekan Antariksa Dunia, negara-negara dapat menjalin kerja sama dalam pendidikan agar seluruh manusia bisa maju bersama, dan memanfaatkan luar angkasa untuk pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Tema Pekan Antariksa Dunia 2017. Kredit: Worldspaceweek.org

Tema Pekan Antariksa Dunia 2017

Setiap tahun, Asosiasi Pekan Antariksa Dunia (APAD) memilih tema untuk Pekan Antariksa Dunia untuk memberikan fokus kegiatan dan acara yang berlangsung di seluruh dunia selama 4-10 Oktober ini. Untuk tahun 2017, APAD mengumumkan tema Pekan Antariksa Dunia adalah "Menjelajahi Dunia Baru di Luar Angkasa".

Tema Pekan Antariksa Dunia 2017 ini merupakan tema yang diharapkan bisa menginspirasi dunia. Tema yang diusung ini sejalan dengan apa yang ingin dicapai umat manusia dalam beberapa tahun mendatang di masa depan; menjelajah dunia baru, seperti Bulan dan Mars.

Bila Anda ingin berpartisipasi dalam WSW tahun 2017 ini, Anda bisa mengunjungi langsung situs web resminya di worldspaceweek.org.


Ditulis oleh Husni Alamsyah, diterbitkan pertama kali di Buletin Astronomi edisi 8.
Iklan mengganggu? Hubungi kami!
Pekan Antariksa Dunia 2017 Pekan Antariksa Dunia 2017 Reviewed by Info Astronomy on Oktober 04, 2017 Rating: 5

Hype - Jangan Lewatkan!