Menilik Lebih Dalam ke Gugus Galaksi Fornax

Kapanpun Anda lupa seberapa kecilnya Anda di alam semesta, mari simak sejenak gugus galaksi ini. Gugus galaksi Fornax yang menakjubkan!
Gugus galaksi Fornax. Kredit: ESO/A. Grado and L. Limatola
Info Astronomy - Kapanpun Anda lupa seberapa kecilnya Anda di alam semesta, mari simak sejenak gugus galaksi ini. Galaksi yang tak terhitung jumlahnya menjadi anggota dari gugus galaksi bernama Fornax ini, beberapa hanya muncul sebagai bintik cahaya, sementara yang lain mendominasi latar depan.

Salah satu galaksi yang mendominasi itu adalah galaksi lentikuler NGC 1316. Galaksi ini diketahui memiliki masa lalu yang bergejolak; ia terbentuk dengan melahap galaksi-galaksi kecil di sekitarnya, menjadikannya galaksi besar yang kita amati saat ini.

Dengan menggunakan kemampuan survei langit yang luar biasa dari Very Large Telescope Survey Telescope (VST) di Observatorium Paranal ESO di Cile, para astronom berhasil mendapatkan pandangan mendalam dari gugus galaksi Fornax yang hasil fotonya berukuran hingga 6 gigabita.

Gambar berukuran besar tersebut berhasil mengungkapkan rahasia anggota galaksi pada gugus galaksi Fornax, salah satu kelompok galaksi raksasa dan berjarak paling dekat dengan galaksi Bimasakti. Gambar yang juga beresolusi 2,3 gigapiksel ini adalah salah satu gambar terbesar yang pernah dirilis oleh ESO.

Seperti yang sudah disinggung di atas, anggota gugus galaksi Fornax yang paling menarik adalah galaksi NGC 1316:

Galaksi lentikuler NGC 1316. Kredit: ESO/A. Grado and L. Limatola
Menurut ESO, NGC 1316 memiliki masa lalu yang menarik, rupanya ia terbentuk akibat beberapa galaksi kecil mengelompok bersama. Penggabungan ini meninggalkan sebuah lubang hitam supermasif di tengah galaksi tersebut yang memiliki massa sekitar 150 juta kali massa Matahari kita.

Karena mengandung massa yang begitu besar, lubang hitam supermasif di pusat galaksi lentikuler NGC 1316 ini menghasilkan pancaran partikel energi tinggi yang sangat kuat, yang pada gilirannya menimbulkan jet kosmis yang terlihat pada panjang gelombang radio, membuat NGC 1316 menjadi sumber radio paling kuat keempat di langit.

NGC 1316 juga telah menjadi tuan rumah bagi empat supernova tipe Ia yang pernah tercatat, yang merupakan kejadian ledakan kosmis yang sangat penting bagi para astronom, khususnya dalam bidang astrofisika.

Hal tersebut dikarenakan supernova tipe Ia memiliki kecerahan yang sangat solid, membuatnya dapat digunakan untuk mengukur jarak ke galaksi induknya. Dalam hal ini, NGC 1316 diketahui berada pada jarak 60 juta tahun cahaya dari Bumi.

Supernova tipe Ia sering dianggap sebagai sebuah "lilin standar", yang mana banyak dicari oleh para astronom karena bisa menjadi pemandu yang sangat baik untuk mengukur jarak objek yang sangat jauh dengan andal.

Itulah sedikit tentang galaksi Fornax dan anggota galaksi paling menonjolnya, NGC 1316. Dari sini kita bisa tahu bahwa kita hanyalah makhluk yang kecil di alam semesta, janganlah pernah merasa besar.

Sumber: ESO