Header Ads

Siaran Langsung Gerhana Matahari Total Amerika Serikat 21 Agustus 2017

Baca Juga

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 Indonesia. Kredit: Justin Ng
Info Astronomy - Pada 21 Agustus 2017 mendatang, peristiwa langka gerhana Matahari total akan terjadi. Namun, hanya Amerika Serikat saja yang kebagian untuk mengamatinya. Bagi kita di Indonesia, sepertinya hanya bisa menontonnya lewat siaran langsung. Berikut beberapa tautan siaran langsung yang bisa disaksikan.

Durasi maksimal puncak gerhana Matahari total 21 Agustus 2017 mendatang adalah 2 menit 40 detik, sebuah durasi yang cukup lama untuk membuat siang hari yang terang menjadi gelap gulita bagaikan malam yang datang secara tiba-tiba.

Dimulai pada pukul 10.15 waktu Pasifik, area daratan pertama yang berkesempatan melihat gerhana total adalah Depoe Bay, Oregon, AS. Ada total 12 negara bagian di Amerika Serikat yang dilalui jalur gerhana Matahari total. Di 12 negara bagian tersebut, sensasi gelapnya siang hari bisa dirasakan langsung.

Jalur gerhana Matahari total 21 Agustus 2017. Kredit: Fred Espenak, MrEclipse.com
Alasan utama mengapa gerhana Matahari total ini tidak bisa diamati di Indonesia adalah karena terjadi saat Indonesia sudah malam hari. Karena Bumi yang bulat, Indonesia sedang membelakangi Matahari saat gerhana terjadi.

Gerhana Matahari total terjadi ketika seluruh wajah Bulan menghalangi Matahari sehingga menyebabkan daerah yang dilintasi jalur gerhana akan menjadi gelap gulita sesaat. Puncak gerhana Matahari total ini terjadi pukul 01.26 WIB pada tanggal 22 Agustus 2017.

Nah, setidaknya akan ada dua tautan siaran langsung luring yang akan merekam detik-detik terjadinya gerhana Matahari total Amerika Serikat 21 Agustus 2017. Anda bisa pilih salah satu atau keduanya juga boleh-boleh saja:

1. NASA

Lembaga Antariksa Amerika Serikat tentu tak ingin melewatkan momen langka ini. Mereka yang bahkan sempat berkunjung ke Indonesia pada peristiwa gerhana Matahari total 9 Maret 2016 silam tampaknya tidak akan pernah bosan untuk melihat peristiwa langka ini.

NASA.gov/eclipselive akan melakukan 10 siaran langsung secara bersamaan pada 21 Agustus 2017 mendatang, masing-masing dengan sudut pandang pengamatan gerhana yang berbeda, bahkan salah satunya adalah siaran langsung gerhana Matahari total dari Stasiun Luar Angkasa Internasional!

NASA memperkirakan akan ada total 100-500 juta penonton pada siaran langsungnya. Jadi sebagai cadangan, jaga-jaga bila situs web NASA tidak bisa diakses, Anda juga bisa menonton siaran langsung dari NASA pada tautan ini: eclipse.stream.live

2. Exploratorium

Selain NASA, Anda bisa juga ikut menonton siaran langsung luring gerhana Matahari total 21 Agustus 2017 melalui situs web resmmi Exploratorium, sebuah laboratorium publik yang dimanfaatkan untuk belajar dan menjelajahi dunia melalui sains dan seni.

Mereka akan memulai siaran langsungnya pada 21 Agustus 2017 pukul 22.15 WIB, yang mana dapat Anda saksikan pada tautan ini: exploratorium.edu/eclipse

Nah, itulah dua tautan siaran langsung gerhana Matahari total Amerika Serikat yang dapat Anda saksikan. Jangan sampai melewatkan peristiwa langka walaupun hanya mengamatinya lewat siaran langsung, ya!

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.

Diberdayakan oleh Blogger.