Teleskop Antariksa Hubble Temukan Galaksi Tersembunyi

Galaksi IC 342 yang dijepret Teleskop Antariksa Hubble. Kredit: ESA/Hubble & NASA
Info Astronomy - IC 342 adalah target pengamatan yang menantang. Walaupun terang, galaksi ini berada di dekat area ekuator cakram galaksi Bimasakti, yang terhalangi kumpulan gas kosmis yang terang bercahaya, bintang-bintang terang, hingga debu gelap. Namun, Teleskop Antariksa Hubble sukses memotretnya.

Dalam rangka misi untuk dapat melihat struktur spiral IC 342 yang rumit, para astronom harus menghadapi debu gelap di area ekuator cakram Bimasakti yang menghalangi. Akibatnya, galaksi IC 342 relatif sulit dikenali dan dipotret, sehingga galaksi ini mendapatkan julukan yang menarik: "Galaksi Tersembunyi".

Terletak sangat dekat (dalam ranah semesta) dari galaksi Bimasakti, galaksi spiral IC 342 ini berada di antara area langit yang paling terang namun juga area langit paling berdebu kosmis. Galaksi IC 342 ini sangat aktif, seperti yang ditunjukkan oleh berbagai warna yang terlihat pada gambar di atas, yang menampakkan wilayah sentral galaksi.

Di area sentral tersebut, terdapat lokasi pembibitan bintang yang panas berwarna biru. Sementara itu, area yang lebih dingin tampak berwarna lebih gelap. Semua objek di sana berputar-putar mengitari pusat galaksinya yang terang.

Pada tahun 2003, para astronom menegaskan bahwa area inti galaksi IC 342 ini merupakan tipe area sentral yang dikenal sebagai inti HII, yakni tipe inti galaksi yang mengindikasikan adanya hidrogen terionisasi yang kemungkinan besar mampu menciptakan banyak bintang baru yang panas dengan cepat.

IC 342 merupakan galaksi yang dikatalogkan dalam NGC atau New General Catalogue, sebuah katalog objek-objek langit yang terkenal di dunia astronomi. Katalog ini disusun oleh astronom John Louis Emil Dreyer tahun 1888.

Sampai saat ini NGC memiliki 7.840 objek langit yang dikenal dengan objek NGC. Katalog ini merupakan yang terlengkap yang mencakup semua jenis objek angkasa, tidak terbatas pada galaksi, melainkan juga nebula dan gugus bintang.

Sementara itu, Dreyer juga mempublikasikan dua suplemen yang dikenal dengan Index Catalogues (disingkat IC). Yang pertama dipublikasikan tahun 1895 dan mencakup 1.520 objek, sementara yang kedua dipublikaikan tahun 1908 dan mencakup 3.866 objek, sehingga total ada 5.386 objek IC, yang mana salah satunya adalah galaksi IC 342 ini.

Sumber: Space Telescope, America Space.