Header Ads

Membedakan Kenampakan Bintang dan Planet di Langit Malam

Baca Juga

Bintang-bintang dan planet di langit Dieng. Kredit: Martin Marthadinata
Info Astronomy - Karena berjarak begitu jauh dari Bumi, kenampakan planet-planet tata surya di langit malam hanya akan mirip seperti bintang bila diamati dengan mata telanjang. Bagi yang masih awam, membedakan mana bintang dan mana planet mungkin tidak mudah.

Sebenarnya, cara membedakan antara kenampakan bintang dan planet di langit malam cukup sederhana. Berikut kami berikan beberapa metode untuk Anda melakukan eksperimen membedakan mana bintang dan mana planet.

Pertama, dengan Rasi Bintang
Ada total 88 rasi bintang resmi yang diakui oleh Persatuan Astronomi Internasional. Mulai dari 12 rasi bintang zodiak dan sisanya yang merupakan rasi bintang warisan nenek moyang kita yang dicatat pada zaman dahulu.

Bagaimana membedakan antara bintang dan planet menggunakan rasi bintang? Mudah saja. Anda hanya perlu sedikit menghafal bentuk-bentuk rasi bintang. Karena planet-planet tata surya cenderung hanya muncul di ekliptika, maka Anda hanya perlu mengetahui bentuk-bentuk rasi bintang zodiak yang seluruhnya melintasi garis khayal ekliptika ini.

Bila Anda sudah hafal bentuk rasi bintang zodiak, maka Anda akan mudah menyadari ketika ada planet yang tepat berada di depan salah satu rasi bintang zodiak tersebut. Karena planet akan muncul bagaikan bintang, ketika ia berada di rasi bintang tertentu, maka bentuk rasi bintang tadi akan berubah.

Perhatikan rasi bintang Virgo ketika ada planet Jupiter di depannya maupun saat tidak ada Jupiter ini:

Rasi bintang Virgo dengan dan tanpa Jupiter. Kredit: Stellarium
Kedua, Lihat Cahayanya
Ada apa dengan cahayanya? Ketika sedang mengamati bintang di langit malam yang cerah, kita akan melihat bahwa cahaya bintang tersebut berkelap-kelip. Cahaya bintang yang tidak stabil ini disebabkan oleh apa yang disebut sebagai turbulensi atmosfer.

Cahaya dari bintang harus melalui atmosfer Bumi dalam suhu dan kepadatan yang beragam. Ditambah lagi, bintang juga bergerak semu akibat rotasi Bumi. Turbulensi atmosfer inilah yang membuat bintang seolah berkelap-kelip, sama kasusnya seperti ketika kita melihat koin yang menari di dasar kolam berair jernih.

Nah, perbedaan kenampakan bintang dengan planet adalah dari kelap-kelip cahayanya. Cahaya dari kenampakan planet cenderung stabil alias tidak berkelap-kelip. Hal ini dikarenakan planet berjarak relatif lebih dekat dengan Bumi dibandingkan dengan bintang, dan planet pun muncul dalam bentuk cakram kecil di langit Bumi, bukan sebagai bintik-bintik kecil saja.

Selain tidak berkelap-kelip, cahaya planet juga lebih terang daripada cahaya bintang. Merkurius muncul dengan warna putih kekuningan; planet Venus yang paling terang dengan warna kekuningan; Mars muncul dengan warna merah pekat; Jupiter muncul dengan warna kuning terang; dan Saturnus dengan warna kuning keemasan.

Ketiga, dengan Teleskop
Cara ketiga ini adalah cara yang tentunya paling mudah, dan paling mahal. Tidak semua orang memiliki teleskop, sehingga cara ini hanya bisa dipraktikan oleh segelintir saja. Tapi tak masalah, bagi yang belum punya teleskop, Anda bisa mencobanya saat sudah punya teleskop.

Melihat dengan teleskop akan sangat membantu kita mengidentifikasi objek apa yang kita lihat di langit. Misalnya, karena jaraknya yang sangat jauh dari Bumi, planet Saturnus hanya akan tampak bagai bintang saja bila dilihat dengan mata telanjang. Tapi jika diamati lewat teleskop, kita bisa melihat Saturnus lengkap dengan cincinnya dan satelit-satelit alami terbesarnya.

Planet Saturnus diamati lewat teleskop. Kredit: Mark Zweber
Nah, sampai di sini, kita sudah punya tiga metode untuk membedakan kenampakan planet dengan bintang. Anda bisa mulai mencoba salah satu atau mungkin seluruh metode di atas malam ini, yang mana kita akan berkesempatan untuk melihat planet Venus, Jupiter, dan Saturnus.

Untuk yang tidak mau repot, sebenarnya bisa memanfaatkan kemajuan teknologi, yakni menggunakan aplikasi peta langit yang bisa diunduh langsung di toko aplikasi.

Selamat berburu planet!