Header Ads

India Semakin Mengangkasa

Baca Juga

Roket terbesar dan terkuat buatan India. Kredit: ISRO
Info Astronomy - Awal pekan kemarin, 5 Juni 2017, India melalui Indian Space Research Organization (ISRO) sukses meluncurkan roket buatan mereka yang paling kuat dan terbesar dalam misi mengirim sebuah satelit komunikasi ke orbit geostasioner.

Roket besar bernama Geosynchronous Satellite Launch Vehicle Mark III (GSLV MkIII) tersebut sukses mengangkasa dari Pusat Antariksa Satish Dhawan di Sriharikota, India, pada pukul 17:58 WIB (5/6) dan berhasil mengantarkan satelit komunikasi GSAT-19 yang besar ke orbit untuk mengelilingi Bumi dan memberikan layanan ke seluruh pengguna komunikasi India.

"Berat total roket beserta muatannya adalah sekitar 3.136 kg pada peluncuran. GSAT-19 adalah satelit terberat dan terbesar yang pernah diluncurkan dari tanah India," kata ISRO di situs web resminya.

Roket GSLV MkIII India adalah versi pembaruan dari roket GSLV generasi pertama. Versi baru ini memiliki tinggi 43 meter dan berbobot 705 ton. Meskipun sedikit lebih pendek dari pendahulunya (GSLV Mark II memiliki tinggi 49 meter), roket versi baru ini 200 ton lebih berat dan bisa mengantarkan satelit dengan berat mencapai 4.000 kilogram ke orbit geostasioner.

Menurut India Today, GSLV MkIII adalah roket yang mampu mengangkat beban seberat 200 gajah dewasa, atau seberat lima jet jumbo Boeing. Roket ini ditenagai oleh inti berbahan bakar cair serta dua roket pendorong pada panggung atas yang juga berbahan bakar cair.

"Ini adalah misi orbital pertama GSLV MkIII yang ditujukan untuk mengevaluasi kinerja roket tersebut," tulis ISRO dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Space.com.

Pada tahun 2014, ISRO sempat meluncurkan versi eksperimental GLSV MkIII untuk menguji prototipe kapsul ruang angkasa yang dirancang untuk membawa tiga astronot ke luar angkasa. Misi itu berhasil, tapi itu hanya tes suborbital dan tidak dimaksudkan untuk mencapai orbit.

Peluncuran GSLV MkIII pada hari Senin kemarin bukanlah satu-satunya misi besar dalam program luar angkasa India tahun ini. ISRO akan terus menguji coba roket GLSV MkIII hingga misi utama mereka tercapai: meluncurkan astronot India ke luar angkasa dengan sarana dan prasarana sendiri.

India semakin mengangkasa. Lah kita?


Sumber: Space, Indian Express, The Times of India.

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.

Diberdayakan oleh Blogger.