China Berencana Tanam Kentang di Bulan pada Tahun 2018

Bulan. Kredit: Getty Images
Info Astronomy - Kita mungkin sudah tahu kalau kentang bisa tumbuh di Mars. Tapi, bisakah kentang juga tumbuh di Bulan? Baru-baru ini, China mengumumkan akan mengirim ekosistem kecil pada wahana pendarat Bulan buatannya dan melihat apakah mereka dapat menanam kentang di permukaan Bulan atau tidak.

Wahana pendarat tersebut disebut Chang'e 4. Rencananya, wahana pendarat ini akan dikirim ke permukaan Bulan pada tahun 2018 mendatang. Wahana pendarat ini masih merupakan misi tanpa awak, misinya mirip seperti misi Chang'e 3 yang telah lebih dulu mendarat di Bulan pada tahun 2013.

China mengungkapkan rencananya untuk eksperimen ini di Global Space Exploration Conference (GLEX 2017) di Beijing pekan ini. Ekosistemnya adalah semacam silinder kecil berukuran 18 x 16 cm, yang bisa Anda lihat gambarnya di bawah ini.

Ekosistem mini untuk menanam kentang di Bulan. Kredit: 163.com
Di samping bibit kentang, China juga berencana untuk mengirim telur ulat sutera ke dalam ekosistem mini tersebut. Para ilmuwan dan peneliti dari 28 universitas berbeda di China saat ini ditugaskan untuk membantu merancang perangkat keras untuk misi tersebut.

"Telur akan menetas menjadi ulat sutera, yang bisa menghasilkan karbon dioksida, sementara kentang dan biji-bijian mengeluarkan oksigen melalui fotosintesis," kata Zhang Yuanxun, perancang utama ekosistem mini tersebut. "Bersama-sama, keduanya (ulat sutera dan kentang) bisa membangun ekosistem sederhana di Bulan."

Karena suhu di Bulan dapat bervariasi secara dramatis antara -170°C hingga 100°C, ekosistem mini tersebut akan dilapisi dengan bahan isolasi untuk menjaga agar tanaman kentang dan serangga ulat sutera tetap pada suhu yang nyaman. Nantinya, juga akan ada lampu buatan di dalam ekosistem tersebut yang didukung oleh baterai.

Menariknya, pihak badan luar angkasa China mengatakan mereka berencana untuk menyiarkan langsung secara daring dari penanaman tanaman kentang dan pengembangbiakan ulat sutera ke seluruh dunia. Ya, pada tahun 2018, Anda akan bisa melihat tanaman dan serangga tumbuh di permukaan Bulan!

Tidak ada negara yang pernah mencoba hal seperti ini sebelumnya. Di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), astronot telah menanam berbagai jenis tanaman, tapi tidak pernah dilakukan di tempat lain. Jika terbukti berhasil, maka mungkin koloni Bulan masa depan mungkin akan rajin makan kentang yang lezat yang mereka tanam sendiri di Bulan.

Sebuah eksperimen yang menarik, bukan?


Sumber: ChinaPlus, Chongqing Morning Post, NASA.
China Berencana Tanam Kentang di Bulan pada Tahun 2018 China Berencana Tanam Kentang di Bulan pada Tahun 2018 Reviewed by Riza Miftah Muharram on Juni 16, 2017 Rating: 5

Hype - Jangan Lewatkan!