Header Ads

Satelit LAPAN-A3 Abadikan Pulau Lombok dari Luar Angkasa

Baca Juga

Lombok dari luar angkasa. Kredit: LAPAN. Klik untuk memperbesar.
Info Astronomy - Baru-baru ini, satelit LAPAN-A3 milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengirimkan citra menakjubkan dari orbit Bumi; Pulau Lombok yang lengkap dengan Rinjani.

Dalam citra yang dirilis di situs web Pusat Teknologi Satelit LAPAN tersebut menunjukkan banyaknya awan yang berarak-arak di atas Pulau Lombok. Menariknya, puncak Rinjani terlihat bebas awan.

Satelit LAPAN-A3 memotret Pulau Lombok ini dari ketinggian sekitar 530 kilometer dari permukaan Bumi. Satelit yang bergerak 7 km per detik itu sukses memotret Pulau Lombok saat melintas tepat di atasnya.

Satelit LAPAN-A3 sendiri merupakan hasil pengembangan LAPAN bersama Institut Pertanian Bogor (IPB), satelit ini telah sukses mengorbit Bumi sejak Juni 2016 silam. Satelit ini dilengkapi alat pencitraan khusus yang dapat memotret objek dari orbit Bumi secara jelas dan berkualitas tinggi.

Dengan resolusi 16 meter dan lebar swath 100 kilometer, pihak LAPAN berharap alat pencitraan tersebut bisa melakukan pemetaan di daerah pertanian Indonesia, sesuai tugas utama satelit tersebut: pemantauan daerah pertanian serta area maritim Nusantara.

Satelit yang memiliki berat sekitar 115 kilogram ini akan terus beroperasi hingga 2-5 tahun mendatang, sebelum akhirnya LAPAN meluncurkan satelit terbarunya LAPAN-A4.

Foto-foto hasil jepretan satelit LAPAN-A3 dapat dilihat di tautan ini.

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.

Diberdayakan oleh Blogger.