IC 1805: Sebuah Hati dari Alam Semesta

Nebula Hati (IC 1805). Kredit: J-P Metsavainio/astroanarchy.zenfolio.com
Info Astronomy - Inilah wujud Nebula Hati, atau dikenal juga dengan IC 1805, sebuah nebula emisi yang merupakan pabrik pembentuk bintang berdiameter hampir 200 tahun cahaya di dalam Lengan Perseus galaksi Bimasakti, dan terletak sekitar 7.500 tahun cahaya di konstelasi Kasiopeia.

Sepertinya tak perlu dijelaskan lagi tentang mengapa nebula ini dijuluki Nebula Hati. Nebula ini merupakan tetangga Nebula Jiwa (NGC 1848), keduanya bersama-sama membentuk Nebula Hati dan Jiwa, yang merupakan bagian dari kompleks daerah membentuk bintang di tepi awan molekul besar.

Bagian yang sangat terang dari Nebula Hati ini (simpul di bagian bawah kanan), faktanya merupakan bagian yang terpisah dari struktur hati di bagian atasnya. Secara terpisah, bagian terang tersebut merupakan nebubla NGC 896 (juga dikenal sebagai IC 1795).

Nebula Hati terbentuk oleh plasma hidrogen terionisasi dan elektron bebas. Gambar ini menunjukkan campuran gas antarbintang yang bersinar bersama dengan awan debu gelap. Struktur hati muncul ketika angin bintang (star wind) terpancar dari bintang-bintang besar dan tua yang terletak dalam gugus bintang terbuka di dekat pusat nebula ini.

Faktanya pula, di dekat pusat Nebula Hati ini, ada banyak bintang panas nan besar dari gugus bintang yang baru lahir yang dikenal sebagai Melotte 15, usianya sekitar 1,5 juta tahun. Ironisnya, Nebula Hati yang terletak di rasi bintang Kasiopeia ini, dalam mitologi Yunani, Kasiopeia adalah nama untuk Ratu Kesombongan.

Kasiopeia adalah salah satu dari 48 rasi bintang yang dikatalogkan oleh astronom Yunani abad ke-2, Ptolemy, dan masih dipertahankan sebagai salah satu dari 88 rasi bintang modern resmi saat ini. Rasi bintang ini ini tidak sulit untuk dikenali karena bentuknya yang khas menyerupai huruf 'W' yang dibentuk oleh lima bintang terang.

Di langit malam Bumi, Kasiopeia berada dekat dengan rasi bintang Andromeda yang ada di sisi selatannya, rasi bintang Perseus di timur lautnya, dan Cepheus di utaranya. Rasi bintang maupun Nebula Hati dapat dilihat jelas pada awal November.

Selamat hari Valentine, so much love from the universe!