Header Ads

Dua Bintang Siap Tabrakan dan Menciptakan Ledakan Super Terang

Ilustrasi. Kredit: ESO/L. Calcada
Info Astronomy - Astronom Lawrence Molnar dan rekan-rekannya di Calvin College memprediksi bahwa sepasang bintang biner di rasi bintang Cygnus sedang berada di jalur tabrakan satu sama lain. Nantinya, saat keduanya benar-benar bertabrakan, mereka akan meledak dalam nova merah yang akan terlihat dengan mata telanjang.

Tabrakan bintang sejatinya bukan sesuatu yang baru. Para astronom memperkirakan bahwa tabrakan-tabrakan bintang sering terjadi di lokasi padat bintang, seperti di sebuah gugus bintang bola. Baru-baru ini bahkan bintang super raksasa merah Betelgeuse juga mungkin hasil dari tabrakan bintang, yang menjelaskan mengapa ia berputar cepat.

Para astronom terakhir kali mengamati tabrakan bintang adalah pada tahun 2008, ketika bintang V1309 Scorpii sangat mencolok kecerahannya di langit. Awalnya, para astronom menduga kalau V1309 Scorpii mengalami supernova, tapi ternyata ada kejadian lain.

Pengamatan lanjutan dari bintang tersebut yang dilakukan oleh astronom Romuald Tylenda dari Nicolaus Copernicus Astronomical Center, Polandia dan rekan-rekannya, menggunakan lebih dari 2.000 arsip pengamatan dari Optical Gravitational Lensing Experiment (OGLE), mengungkap bahwa V1309 Scorpii kemungkinan merupakan bintang biner yang bertabrakan.

Bintang biner sendiri adalah adalah dua bintang yang mengorbit begitu dekat satu sama lain. Ketika bintang biner saling berputar terlalu dekat, mereka akan bertabrakan, atau lebih tepatnya bergabung menjadi satu bintang utuh. Ketika itu terjadi, ledakan tak terelakan akan menciptakan cahaya yang sangat terang, 10.000 kali lebih terang dari luminositas sebenarnya.

Sementaraa itu, tim Molnar ini berpendapat bahwa bintang yang sedang mereka teliti, bernama KIC 9832227, akan menjalani nasib yang sama dengan V1209 Scorpii.

Bintang biner dengan magnitudo semu +12 di rasi bintang Cygnus itu diketahui memiliki periode orbit sekitar 11 jam. Pada tahun 2015, penelitian Molnar mengungkap bahwa dua bintang di sistem KIC 9832227 sedang dalam jalur tabrakan satu sama lain.

Letak KIC 9832227 di rasi bintang Cygnus. Kredit: Stellarium/InfoAstronomy.org
Melalui berbagai pengamatan selama 17 tahun terakhir, tim Molnar kini memprediksi secara akurat bahwa sistem bintang biner KIC 9832227 akan bertabrakan pada tahun 2022. Molnar mengumumkan penelitian ini pada 6 Januari 2017 di konferensi pers American Astronomical Society di Dallas, AS.

Namun begitu, Molnar dan timnnya tidak tahu kapan ledakan akan dimulai, atau bahkan mungkin sudah dimulai tetapi kita belum melihatnya karena jarak bintang biner ini yang jauh.

Tapi yang pasti, ketika bintang-bintang ini menabrak satu sama lain, mereka akan mati, dan dengan demikian bakal melepaskan sejumlah besar cahaya dan energi yang dikenal sebagai nova, meningkatkan kecerahan bintang itu sekitar 10.000 kali. Pada saat itu, ledakan ini akan terlihat di langit malam, tepatnya pada titik kuning yang telah kami tandai pada peta langit di atas.

Jadi, karena ledakan ini akan terjadi pada 5 tahun yang akan datang, ada baiknya mulai saat ini menabung untuk membeli teleskop. Pengamatan melalui teleskop tentu akan jauh lebih jelas dan menakjubkan.


Referensi: Prediction of a Red Nova Outburst in KIC 9832227

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.

Diberdayakan oleh Blogger.