Header Ads

Apa Bintang Terpanas di Alam Semesta?

Baca Juga

Bintang-bintang. Kredit: Reference.com
Info Astronomy - Pada penelitian sebelumnya, dinyatakan bahwa jumlah galaksi di alam semesta ada sekitar 2 triliun. Dari angka itu, maka jumlah bintang bisa 100-400 kali lipatnya. Pertanyaannya, apa bintang terpanas dari ratusan triliun bintang yang ada di alam semesta?

Bintang-bintang di alam semesta memiliki tingkat suhu yang berbeda, mulai dari bintang kerdil merah yang bersuhu relatif dingin, hingga bintang raksasa biru yang super panas. Sama seperti api di Bumi, warna api biru lebih panas daripada api yang berwarna merah.

Pertama, mari kita ketahui sedikit dulu tentang suhu. Warna bintang mencerminkan suhunya. Jika bintang terlihat merah, itu berarti suhu permukaannya sekitar 2.200 derajat Celcius. Sekadar perbandingan, Matahari yang digolongkan sebagai bintang katai kuning (namun berwarna putih) memiliki suhu sekitar 5.700 derajat Celcius.

Semakin panas sebuah bintang, semakin tinggi spektrumnya. Bintang terpanas adalah bintang yang berwarna biru seperti yang sudah disinggung di atas. Sebuah bintang biru memiliki suhu permukaan di atas 9.700 derajat Celcius, atau bahkan bisa lebih panas lagi.

Bintang biru biasanya juga merupakan bintang raksasa maupun super raksasa. Salah satu contoh bintang biru adalah bintang Rigel, bintang raksasa biru yang terletak di konstelasi Orion. Rigel diperkirakan memiliki massa sekitar 17 kali massa Matahari, dan suhu permukaannya diperkirakan 10.700 derajat Celcius.

Yang terpanas, tentu adalah bintang super raksasa biru. Bintang jenis ini memiliki massa lebih dari 100 kali massa Matahari. Salah satu contoh yang paling dikenal adalah bintang Eta Carinae, yang terletak sekitar 7.500 tahun cahaya dari Matahari. Eta Carinae memiliki ukuran 180 kali radius Matahari, dan suhu permukaannya adalah 35.700-39.700 derajat Celcius!

Jadi, kesimpulannya adalah, bintang terpanas di alam semesta adalah jenis bintang super raksasa biru, contohnya Eta Carinae. Bisa jadi, Eta Carinae saat ini adalah bintang terpanas di alam semesta yang kita ketahui.

Diberdayakan oleh Blogger.