Tiga Astronot Meluncur ke Luar Angkasa

Foto peluncuran 3 astronot baru dari Kazakhstan. Kredit: NASA
Info Astronomy - Tiga anggota awak baru, yakni astronot NASA Peggy Whitson, kosmonot Oleg Novitskiy dari Roscosmos (Rusia) dan Thomas Pesquet dari ESA pagi tadi baru saja meluncur ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan menaiki roket Soyuz MS-03 yang diluncurkan dari Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan.

Peluncuran ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) tersebut dilakukan pada pukul 03:20 WIB pada Jum'at, 18 November 2016. Pada saat peluncuran, ISS sedang berada di ketinggian sekitar 380 km di atas wilayah langit timur Atlantik atau wilayah langit selatan dari Argentina. Ketiga awak ini sekarang aman berada di orbit Bumi.

Perjalanan ketiga awak ini akan menghabiskan waktu 2 hari sebelum akhirnya kapsul antariksa Soyuz yang mereka naiki merapat di ISS. Selama dua hari ke depan, trio ini akan mengorbit Bumi, lalu merapat di ISS sekitar pukul di 05:01 WIB pada Minggu, 20 November 2016.

Tiga awak baru ini nantinya akan bergabung dengan Komandan Ekspedisi 50 Shane Kimbrough dari NASA serta dua kosmonot Sergey Ryzhikov dan Andrey Borisenko, yang telah bertugas di ISS sejak Oktober 2016. Whitson, Novitskiy dan Pesquet akan tetap menjalani misi di ISS hingga 6 bulan ke depan. Sementara Kimbrough, Ryzhikov dan Borisenko dijadwalkan untuk pulang ke Bumi pada akhir Februari 2017.

Misi Ekspedisi 50 yang beranggotakan 6 orang ini akan berkontribusi dengan melakukan lebih daru 250 percobaan di ISS dalam bidang-bidang ilmu pengetahuan seperti biologi, ilmu Bumi, penelitian manusia, ilmu fisika dan pengembangan teknologi. Selamat bertugas!
Tiga Astronot Meluncur ke Luar Angkasa Tiga Astronot Meluncur ke Luar Angkasa Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/18/2016 09:09:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.