NGC 4631, Galaksi Spiral Berbentuk Mirip Ikan Paus

Galaksi NGC 4631. Kredit: NASA/ESA/Hubble
Info Astronomy - Tahukah Anda bahwa di alam semesta kita yang luas ini, ada sebuah galaksi bernama NGC 4631 yang berbentuk mirip ikan paus? Selain bentuknya yang unik, di pusatnya yang terang juga ternyata sedang terjadi pembentukan dan ledakan bintang secara besar-besaran.

Galaksi yang juga dikenal sebagai galaksi Ikan Paus ini terletak pada jarak sekitar 30 juta tahun cahaya dari Bumi kita di arah konstelasi Canes Venatici. Galaksi ini sebenarnya merupakan galaksi spiral seperti Bimasakti. Tapi dari sudut pandang kita di Bumi, kita melihat pinggiran galaksi ini yang bagaikan ikan paus raksasa di alam semesta.

Dari data pengamatan Teleskop Antariksa Hubble, diketahui ada banyak supernova — ledakan bintang biru panas yang setidaknya memiliki 8 kali massa Matahari — meledak di area inti dari galaksi ini.

Seperti yang telah disinggung di atas, galaksi Ikan Paus ini merupakan jenis galaksi spiral, tipe galaksi yang terdiri dari piringan galaksi yang rata dan berputar, yang berisi bintang, medium antarbintang, dan pusat konsentrasi bintang-bintang di bagian tengah galaksi.

Tipe ini merupakan satu dari tiga Klasifikasi morfologi galaksi yang utama yang digambarkan oleh Edwin Hubble pada karyanya tahun 1936 The Realm of the Nebulae, bersama dengan galaksi elips dangalaksi lentikular.