Robot Penjelajah Curiosity Temukan Meteorit Kecil di Mars

Meteorit kecil di permukaan Planet Mars. Kredit: NASA/JPL-Caltech
Info Astronomy - Robot penjelajah Curiosity yang telah mendarat di Planet Merah sejak 2012 berhasil menemukan sebuah meteorit kecil di permukaan planet tetangga Bumi kita. Menurut penelitian yang dilakukan Arizona State University, baru luar angkasa tersebut kaya akan zat besi dan nikel.

Citra di atas dipotret oleh robot penjelajah Curiosity pada 30 Oktober 2016, dan itu bukan meteorit pertama yang ditemukan oleh Curiosity di Mars. Penemuan dan penelitian meteorit selalu menarik untuk dipelajari, terlebih meteorit yang berada di permukaan planet lain.

Planet Mars akan menjadi tempat yang bagus untuk mencari meteorit. Batuan dari luar angkasa yang jatuh ke permukaan Mars tidak akan terbakar sampai habis di atmosfer, berbeda dengan di Bumi. Hal tersebut disebabkan oleh tipisnya atmosfer yang dimiliki oleh Planet Merah.

Dan juga, orbit Mars di Tata Surya lebih dekat dengan sabuk asteroid sehingga lebih banyak batuan luar angkasa yang tertarik gravitasinya lalu menumbuk permukaannya.