Planet Uranus Punya Dua Satelit Alami yang Tersembunyi

Planet Uranus. Kredit: NASA
Info Astronomy - Beberapa satelit alami yang berukuran kecil di Tata Surya bersembunyi di antara sistem cincin planet-planet raksasa. Tapi, ketika bersembunyi di sistem cincin yang gelap seperti milik planet Uranus, satelit-satelit alami tersebut bisa lebih sulit untuk ditemukan.

Baru-baru ini, planet Uranus diketahui menyembunyikan dua satelit alami yang berada di sistem cincinnya. Cincin planet raksasa es tersebut tercemar dengan banyak debu, yang berarti cincin tersebut hanya dapat dilihat dalam spektrum tertentu.

Kumpulan debu samar tambahan diperkirakan banyak terdapat di antara cincin utama planet Uranus. Cincin tersebut sangat gelap, bahkan albedo partikel cincin tidak melebihi 2%. Cincin planet Uranus mungkin terdiri dari air es dengan penambahan beberapa radiasi organik yang gelap.

Sistem cincin Uranus dipotret dalam cahaya inframerah oleh Voyager 2. Kredit: NASA
Para astronom telah memeriksa data yang dikumpulkan oleh wahana antariksa Voyager 2 pada tahun 1986, dan berpikir bahwa mereka telah menemukan bukti dua satelit alami yang mengorbit planet Uranus yang tidak pernah dilihat sebelumnya.

Dua satelit alami baru ini berukuran sangat kecil, dan juga begitu gelap, yakni "gelap" yang berarti mereka hampir tidak memantulkan cahaya apapun. Para astronom memprediksi ukuran dua satelit alami ini masing-masing 4 dan 14 km.

Untuk saat ini, penemuan ini memang masih belum dikonfirmasi, dan para astronom masih dalam proses penerbitan di jurnal penelitiannya. Tapi Anda bisa membaca laporan lengkap mereka di arXiv.org saat ini.
Planet Uranus Punya Dua Satelit Alami yang Tersembunyi Planet Uranus Punya Dua Satelit Alami yang Tersembunyi Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/18/2016 06:46:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.