2018, India Siap Luncurkan Wahana Antariksa Keduanya ke Mars

Mars dipotret oleh wahana antariksa MOM-1 milik India pada 2014. Kredit: ISRO
Info Astronomy - Indian Space Research Organisation (ISRO) ingin kembali ke Mars dengan wahana antariksa Mars Orbiter Mission (MOM) kedua. Hal ini terungkap dalam sebuah pengumuman proposal pada situs web resmi mereka yang mengatakan India siap melakukan studi ilmiah planet Mars dengan meluncurkan wahana antariksa.

Wahana antariksa MOM-2 milik India ini kemungkinan akan diluncurkan ke Mars pada bulan Maret 2018, ketika Bumi dan Mars orbitnya berada di jarak yang relatif dekat dalam mengelilingi Matahari. Hal ini diperlukan untuk perjalanan wahana antariksa menggunakan manuver hemat bahan bakar.

Wahana antariksa MOM pertama milik ISRO (MOM-1) yang sukses masuk ke orbit Mars pada bulan September 2014 berhasil menemukan tanda-tanda metana di atmosfer Planet Merah saat mempelajari fitur permukaan.

Metana dianggap sebagai biomarker: zat yang kehadirannya mengindikasikan adanya kehidupan saat ini atau kehidupan di masa lalu. Robot penjelajah Curiosity milik Amerika Serikat yang berada pada permukaan Mars juga telah menganalisis mineral dan debu, mencari tanda-tanda air serta biomarker lainnya.

Misi Mars masa depan India ini berfokus pada penelitian permukaan dan bawah permukaan planet Mars, masih meneliti setiap kandungan dan zat yang ada di permukaan planet Mars. Dengan MOM, India telah berhasil menunjukkan kemampuan teknologi mereka untuk eksplorasi antarplanet.

Untuk membandingkan, muatan instrumen MOM-1 jika ditimbang total keseluruhannya hanya seberat 14 kg. Sementara itu, MOM-2 muatan instrumennya akan lebih banyak, sekitar 100 kg, hal ini agar MOM-2 memiliki cakupan penelitian dan kualitas pengamatan yang mumpuni dari pendahulunya.

Dengan begitu, untuk meluncurkan wahana antariksa seberat 100 kg, ISRO akan memerlukan roket kelas GSLV yang kuat. Pada peluncuran MOM-1, ISRO menggunakan roket kelas PSLV. Jadi, seperti dilansir dari situs resminya, saat ini ISRO sedang mempersiapkan teknologi roket tersebut.

MOM-1 dilengkapi dengan tiga panel tenaga surya yang menghasilkan total 840 watt untuk daya instrumennya. Sementara MOM-2 diperkirakan akan memiliki tenaga surya minimal 1.000 watt. MOM-2 juga akan ditempatkan pada ketinggian 5.000 km dari Mars serta akan memiliki orbit melingkar yang jauh mengelilingi Mars.

India semakin berbenah, mereka semakin maju. Dan kita masih tertahan, sedang kembali ke abad pertengahan; berdebat Bumi bulat atau datar. Memang miris, bikin meringis.
2018, India Siap Luncurkan Wahana Antariksa Keduanya ke Mars 2018, India Siap Luncurkan Wahana Antariksa Keduanya ke Mars Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/13/2016 09:47:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.