NASA Gelar Kompetisi Desain Robot untuk Misi ke Mars

Robot humanoid Valkyrie untuk misi ke Mars NASA. Kredit: NASA
Info Astronomy - Anda mampu memrogram sebuah robot? NASA bersama NineSigma, sebuah organisasi konsultan inovasi global, telah membuka pendaftaran bagi umum untuk kompetisi Space Robotic Challenge yang berhadiah 1 juta dolar AS. Sebuah kompetisi yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan robot humanoid untuk membantu astronot dalam misi ke Mars.

Nantinya, peserta akan membentuk tim dan harus dapat memprogram robot virtual untuk menyelesaikan serangkaian tugas dalam simulasi misi di Mars, termasuk untuk menghubungkan komunikasi dari Bumi ke Mars.

Misi NASA ke Planet Mars adalah salah satu misi ambisius yang paling ditunggu dan banyak dibicarakan dalam obrolan eksplorasi luar angkasa di dunia. Planet Merah telah menjadi target terbesar lembaga antariksa Amerika Serikat tersebut untuk mengetahui kelaikhunian. NASA telah bekerja tanpa lelah untuk merealisasikan misi ini.

Space Robotic Challenge adalah salah satu langkah yang diambil NASA untuk mendapatkan bantuan dari masyarakat umum. Nantinya, tim-tim yang terpilih akan memprogram robot R5 (Valkyrie) milik NASA. Setiap tim akan ditantang untuk memprogram robot agar bertahan dalam badai debu yang bisa merusak habitat di Mars, menyelaraskan komunikasi, memperbaiki panel surya, dan membantu para astronot Mars.

Pendaftaran untuk Space Robotic Challenge telah dimulai pada tanggal 17 Agustus 2016 ini dengan kualifikasi putaran pertama akan berjalan dari pertengahan September sampai pertengahan November 2016. Finalis dari putaran pertama akan diumumkan pada bulan Desember dan akan terlibat dalam latihan terbuka dari Januari hingga awal Juni 2017.

Tertarik untuk ikut tantangan ini? NASA membukanya untuk seluruh masyarakat dunia termasuk Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut tentang Space Robotic Challenge, kunjungi: http://nasa.gov/spacebot
NASA Gelar Kompetisi Desain Robot untuk Misi ke Mars NASA Gelar Kompetisi Desain Robot untuk Misi ke Mars Reviewed by Riza Miftah Muharram on 8/17/2016 11:59:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.