HARI INI 1989: Voyager 2 Temukan Keseluruhan Cincin Planet Neptunus

Sistem cincin Neptunus, bagian tengah diblok agar terangnya Neptunus tidak meredupkan cincin. Kredit: NASA
Info Astronomy - Hari ini tepat 27 tahun yang lalu, wahana antariksa Voyager 2 tiba di orbit dekat Planet Neptunus. Wahana antariksa nirawak tersebut berhasil menemukan dan mencitrakan keseluruhan cincin planet terjauh dari Matahari tersebut.

Yup, Neptunus juga memiliki sebuah sistem cincin planet, meski kurang kukuh daripada sistem cincin Saturnus. Cincin-cincin tersebut terdiri dari partikel es yang diselubungi bahan berdasar silikat atau karbon yang memberi warna merah pada cincin.

Tiga cincin utamanya adalah Cincin Adams yang sempit, 63.000 km dari pusat Neptunus, Cincin Le Verrier pada ketinggian 53.000 km, dan Cincin Galle yang luas dan lemah pada ketinggian 42.000 km. Perpanjangan lemah ke luar hingga Cincin Le Verier diberi nama Lassell; perpanjangan ini dibatasi oleh Cincin Arago di pinggiran luarnya pada ketinggian 57.000 km.

Cincin Neptunus pertama ditemukan tahun 1968 oleh tim yang dipimpin oleh astronom Edward Guinan, namun akhirnya disimpulkan cincin ini belum lengkap. Bukti bahwa cincin-cincin tersebut memiliki celah pertama muncul pada okultasi bintang tahun 1984 ketika cincin tersebut mengaburkan sebuah bintang ketika tenggelam, bukan ketika muncul.

Lapisan cincin Neptunus. Kredit: Wikimedia Commons
Citra terbaru di atas yang diambil wahana antariksa Voyager 2 pada 22 Agustus 1989 menyelesaikan masalah ini dengan memperlihatkan beberapa cincin lemah atau redup milik Neptunus.

Cincin ini memiliki struktur menggumpal, penyebabnya belum diketahui namun bisa jadi karena interaksi gravitasi dengan satelit kecil di orbit dekat cincin.

Cincin terluar, Adams, terdiri dari lima busur utama yang diberi nama Courage, Liberté, Egalité 1, Egalité 2 dan Fraternité (Keberanian, Kebebasan, Kesetaraan dan Persaudaraan). Keberadaan busur-busur ini sulit dijelaskan karena hukum gerakan akan memprediksikan bahwa busur tersebut tersebar menjadi cincin seragam dalam kurun waktu yang sangat singkat.

Para astronom sekarang yakin bahwa busur-busur tersebut mengitari Neptunus sesuai bentuknya sekarang akibat dampak gravitasi Galatea, sebuah satelit alami besar yang terletak dekat dengan cincin ini.

Pengamatan dari Bumi pada tahun 2005 menunjukkan bahwa cincin Neptunus lebih tidak stabil daripada dugaan sebelumnya. Gambar yang diambil dari W. M. Keck Observatory tahun 2002 dan 2003 memperlihatkan kerusakan pada cincin jika dibandingkan dengan gambar dari Voyager 2. Karena itu, sepertinya busur Liberté akan menghilang selambat-lambatnya satu abad berikutnya.

Ingin melihat galeri cincin Neptunus yang dipotret wahana antariksa Voyager 2? Klik di sini.
HARI INI 1989: Voyager 2 Temukan Keseluruhan Cincin Planet Neptunus HARI INI 1989: Voyager 2 Temukan Keseluruhan Cincin Planet Neptunus Reviewed by Riza Miftah Muharram on 8/22/2016 09:28:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.