Bintang Gagal WISE 0855 yang Memiliki Atmosfer Berair

Ilustrasi. Kredit: Gemini Observatory
Info Astronomy - Para ilmuwan telah menemukan bukti kuat untuk keberadaan awan berair pada atmosfer sebuah katai coklat. Penemuan ini adalah penemuan pertama dalam penelitian jenis-jenis awan di luar Tata Surya kita.

Katai coklat atau kadang disebut bintang gagal tersebut bernama WISE 0855, ia adalah objek terdingin yang pernah ditemukan di luar Tata Surya kita. Walau ini adalah penemuan pertama, bukan berarti kita tidak tahu bahwa ada banyak objek semacam ini, katai coklat adalah objek yang redup, dan temuan ini dapat membantu kita memahami lebih lanjut tentang komposisi benda-benda gas raksasa mirip Jupiter ini.

"Awalnya kami memang berpikir bahwa benda yang dingin seperti katai coklat ini memiliki awan air di atmosfernya, dan akhirnya kami mendapatkan bukti terbaik untuk dugaan itu," kata astronom Andrew Skemer dari University of California, Santa Cruz.

Katai coklat WISE 0855 ditemukan pada tahun 2014, dan terletak pada jarak hanya 7,2 tahun cahaya dari Bumi—sebuah jarak yang relatif dekat dengan kita, dalam skala kosmik.

Uniknya, WISE 0855 bukan sebuah planet, atau bintang. Katai coklat dijuluki 'bintang gagal' karena mereka terlalu besar untuk disebut planet, tetapi terlalu kecil untuk bereaksi fusi nuklir seperti bintang. Walau begitu, katai coklat terbentuk dengan cara yang sama seperti pembentukan bintang—dari keruntuhan gas dan debu akibat gravitasi di ruang angkasa
—tetapi sayangnya katai coklat tidak memiliki massa yang cukup untuk memicu atau mempertahankan reaksi nuklir di inti mereka yang membuat bintang bersinar.

Apa yang membuat mempelajari objek seperti WISE 0855 begitu sulit adalah kenyataan bahwa hampir tidak mungkin bagi kita untuk melihatnya dengan menggunakan spektroskopi konvensional. Sebab saking redupnya, katai coklat hanya nampak dalam spektrum inframerah, ditambah jaraknya yang triliunan kilometer jauhnya, membuatnya nyaris tak terlihat bahkan dengan beberapa teleskop berbasis darat yang paling kuat.

Namun dengan ketekunan, Skemer dan rekan-rekan peneliti menemukan cara untuk mendapatkan spektrum inframerah WISE 0855, dengan menggunakan teleskop Gemini North di Hawaii, dan merekam panjang gelombang yang lebih luas (di 5 mikron) dengan yang digunakan dalam spektroskopi konvensional pada optik atau panjang gelombang inframerah (kurang dari 2,5 mikron).

"WISE 0855 lima kali lebih redup dari benda lainnya yang pernah terdeteksi dengan spektroskopi berbasis darat pada panjang gelombang ini," kata Skemer. "Sekarang kami memiliki spektrum, kita bisa benar-benar mulai berpikir tentang apa yang terjadi di dalam objek ini. Spektrum kami menunjukkan bahwa WISE 0855 didominasi oleh uap air dan awan, dengan penampilan keseluruhan yang sangat mirip dengan Jupiter."

WISE 0855 memiliki lima kali massa Jupiter, tapi tidak terlalu dingin dibandingkan dengan Jupiter. Diketahui suhu WISE 0855 adalah sekitar -23 derajat Celsius, dibandingkan dengan Jupiter yang mencapai -143 derajat Celsius.

Perbedaan lain antara WISE 0855 dan Jupiter adalah bahwa para para peneliti mengatakan bahwa Jupiter memiliki suasana yang lebih bergolak. Atmosfer Jupiter mengandung banyak senyawa fosfin, yang terbentuk di bagian dalam planet dan menciptakan reaksi kimia baru dalam atmosfer luarnya.

Sebaliknya, WISE 0855 tidak menunjukkan adanya senyawa fosfin yang kuat, yang bisa menimbulkan gejolak di atmosfer terluarnya. Temuan ini telah diterbitkan dalam The Astrophysical Journal Letters.
Bintang Gagal WISE 0855 yang Memiliki Atmosfer Berair Bintang Gagal WISE 0855 yang Memiliki Atmosfer Berair Reviewed by Riza Miftah Muharram on 7/11/2016 10:57:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.