GALERI: Oposisi Saturnus, Ketika Planet Bercincin di Jarak Terdekat dengan Bumi

Oposisi Saturnus 3 Juni 2016 di Puerto Rico. Kredit: Efrain Morales Rivera
Info Astronomy - Planet Saturnus baru saja melewati titik oposisinya dengan Bumi dan Matahari. Kemarin, 3 Juni 2016, Matahari-Bumi-Saturnus berada satu garis lurus di bidang Tata Surya, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati planet dengan cincin termegah di Tata Surya tersebut.

Jarak antara Bumi dan Saturnus pada oposisi kemarin adalah sekitar 9,01 SA, di mana 1 SA sama dengan jarak antara Bumi-Matahari, yakni 150 juta kilometer. Dengan begitu, ini adalah titik terdekat antara planet kita dengan planet terbesar kedua setelah Jupiter di Tata Surya tersebut.

Di bawah ini, InfoAstronomy.org berhasil mengumpulkan jepretan-jepretan terbaik dari Planet Saturnus pada saat berada di titik oposisi pada 3 Juni 2016:
Oposisi Saturnus 3 Juni 2016 di California, AS. Kredit: Chad Quandt
Oposisi Saturnus 3 Juni 2016 di Observatorium Rozhen, Bulgaria. Kredit: Pavel Presnyakov
Oposisi Saturnus 3 Juni 2016 di Bekasi, Indonesia. Kredit: Ajisaka Octawiyano
Oposisi Saturnus 3 Juni 2016 di Esfahan, Iran. Kredit: Kamran Janamian
Catatan Editor: Punya jepretan langit karya sendiri dan ingin di tampilkan di situs web InfoAstronomy.org? Kirimkan ke email redaksi info.astronomy@gmail.com atau melaui instagram @infoastronomy.
GALERI: Oposisi Saturnus, Ketika Planet Bercincin di Jarak Terdekat dengan Bumi GALERI: Oposisi Saturnus, Ketika Planet Bercincin di Jarak Terdekat dengan Bumi Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/04/2016 11:31:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.