Bagaimana Cara Memotret Bima Sakti Dari Dalam Pesawat Terbang?

Bima Sakti dipotret dari dalam pesawat yang sedang terbang. Kredit: Alessandro Merga
Info Astronomy - Di Instagram mungkin sering kita temui foto-foto orang yang naik pesawat terbang dengan pose atau jepretan standar, seperti foto selfie, sayap pesawat, awan atau Matahari terbit atau terbenam. Namun, astrofotografer Alessandro Merga memotret sesuatu yang anti-mainstream, yakni galaksi Bima Sakti! Bagaimana ia melakukannya?

Hasil jepretan yang mengesankan di atas artikel ini dipotret pada pada 7 Juni tahun lalu selama penerbangan transatlantik dari New York ke London. Bima Sakti ini dipotret Merga ketika pesawat terbang yang ia tumpangi berada di atas hamparan luas perairan yang kita sebut Samudra Atlantik.

Di satu sisi, ini tampak seperti tempat yang paling logis untuk mengambil foto Bima Sakti: Anda berada pada ketinggian sekitar 36.000 kaki di udara dan praktis tidak ada polusi cahaya. Tapi bagaimana memotret Bima Sakti, yang notabene merupakan slowspeed pada kamera di dalam pesawat yang terbang pada kecepatan sekitar 600 mph?

Seperti dilansir dari PetaPixel.com, Merga memotretnya dengan eksposur kamera sesingkat mungkin, tapi dengan cahaya yang cukup, ia menggunakan kamera Canon 450D 28mm dengan pengaturan f/1.8, ISO 1600 dan mengambil 93 eksposur berbeda sepanjang penerbangan masing-masing selama 30 detik. Masing-masing dari hasil jepretannya lalu digabungkan.

Untuk mendapatkan stabilitas yang bagus, Merga menempatkan Gorillapod di antara sandaran tangan dan badan pesawat, ia juga menutupi kameranya dengan selimut untuk memblokir semua refleksi cahaya yang bisa muncul pada kaca.

Tidak ada yang bisa menyangkal hasil jepretan Merga adalah sebuah masterpiece, mengingat situasi di dalam pesawat terbang yang cukup menantang.
Bagaimana Cara Memotret Bima Sakti Dari Dalam Pesawat Terbang? Bagaimana Cara Memotret Bima Sakti Dari Dalam Pesawat Terbang? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/13/2016 01:59:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.