India Siap Luncurkan Pesawat Ulang-Alik Buatannya pada 23 Mei 2016

Desain pesawat ulang-alik pertama rancangan India. Kredit: ISRO
Info Astronomy - Dunia antariksa India semakin maju. Setelah berhasil meluncurkan satelit ke orbit Mars pada tahun 2013, kini mereka kembali bermanuver dengan siap meluncurkan pesawat ulang-alik pertamanya ke luar angkasa.

Indian Space Research Organization (ISRO) mengatakan ini merupakan langkah yang signifikan menuju pengembangan pesawat luar angkasa yang dapat digunakan kembali, sehingga India tidak perlu mengeluarkan biaya banyak jika melakukan misi luar angkasa. ISRO bakal meluncurkan pesawat ulang-alik bersayap ramping tersebut dalam uji terbang singkat pada Senin, 23 Mei 2016.

Penerbangan yang pertama ini akan menjadi demonstrator teknologi yang maju milik India. Dalam pernyataan resminya, ISRO akan meluncurkan pesawat ulang-alik buatan mereka dari Satish Dhawan Space Centre, Sriharikota, India.

Para ilmuwan di ISRO percaya bahwa mereka bisa mengurangi biaya misi peluncuran ke luar angkasa sebanyak 10 kali jika teknologi pesawat ulang-alik ini berhasil. Dalam situs resminya, ISRO mengatakan telah menggelontorkan biaya sekitar US$ 2.000 per kilogram untuk payload pesawat ulang-aliknya.

Ini akan menjadi pertama kalinya ISRO akan meluncurkan pesawat ulang-alik. Yang lebih membanggakan, pesawat ulang-alik ini dirancang dan dibangun sendiri oleh para insinyur dan ilmuwan ISRO.

Jadi, kapan Indonesia akan melakukan hal yang sama? Mungkin nanti, setelah orang-orang yang selalu bertanya "Indonesia kapan?" mulai berkontribusi nyata untuk pembangunan di tanah air tercinta. Good luck, India!
India Siap Luncurkan Pesawat Ulang-Alik Buatannya pada 23 Mei 2016 India Siap Luncurkan Pesawat Ulang-Alik Buatannya pada 23 Mei 2016 Reviewed by Riza Miftah Muharram on 5/22/2016 06:41:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.