Hubble Potret Pemandangan Ketika Galaksi-galaksi Raksasa Bertemu

Ketika galaksi-galaksi raksasa bertemu. Kredit: NASA/ESA/Hubble
Info Astronomy - Citra yang menakjubkan dari Teleskop Antariksa Hubble ini menampilkan ribuan galaksi berwarna-warni di rasi bintang Leo. Citra ini sebenarnya dipotret untuk kampanye Frontier Fields, yang bertujuan untuk meneliti gugus galaksi lebih detail dari sebelumnya, dan untuk menjelajahi beberapa galaksi yang paling jauh di alam semesta.

Yang Anda lihat pada foto di atas merupakan gugus galaksi yang amat sangat besar. Gugus galaksi dapat memiliki efek yang luar biasa pada lingkungan sekitarnya dengan gravitasi yang besar sehingga dapat menjadi lensa gravitasi untuk mengintip benda-benda yang lebih jauh di belakangnya.

Dengan lensa gravitasi dari gugus galaksi ini, para astronom terbantu untuk melihat galaksi yang lain yang bersinar terlalu redup, membantu astronom untuk menemukan benda-benda di alam semesta primordial.

Gugus galaksi ini bernama MACS J1149.5 + 2223, merupakan gugus galaksi yang terletak sekitar lima miliar tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Pada tahun 2012, gugus galaksi ini membantu para astronom mengungkap salah satu galaksi paling jauh yang pernah ditemukan.

Pada tahun 2014 dan 2015, MACS J1149.5 + 2.223 kembali diamati sebagai bagian dari kampanye Frontier Fields. Gugus galaksi ini berisi galaksi-galaksi raksasa yang saling bertemu satu sama lain, walaupun sebenarnya jarak antara galaksi di gugus ini sangat berjauhan. Dan ya, setiap titik pada citra di atas merupakan galaksi.
Hubble Potret Pemandangan Ketika Galaksi-galaksi Raksasa Bertemu Hubble Potret Pemandangan Ketika Galaksi-galaksi Raksasa Bertemu Reviewed by Riza Miftah Muharram on 5/23/2016 03:46:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.