Yuk Nonton Hujan Meteor Lyrid Secara Online!

Hujan meteor Lyrid tahun 2012. Kredit: Frank L./Flickr
Info Astronomy - Hujan meteor Lyrid telah membuat manusia takjub sejak tahun 687 SM, ketika pengamat langit asal Tiongkok pertama kalinya mengamati dan mencatatnya. Lebih dari 2.700 tahun kemudian, hari ini, Anda masih dapat mengamati pertunjukan langit yang menakjubkan ini.

Hujan meteor Lyrid mencapai puncaknya hari ini, 22 April 2016, dan akan sepenuhnya berakhir pada hari Senin, 25 April 2016. Waktu terbaik untuk melihatnya adalah mulai tengah malam hingga subuh. Titik radiannya ada di bintang Vega, rasi bintang Lyra, tetapi Anda dapat melihat sebagian besar meteor melintas dari segala penjuru langit.

Asal muasal meteor sendiri berasal dari debris atau puing yang ditinggalkan oleh komet C/1861 Thatcher yang mengorbit Matahari sekali setiap 415 tahun. Ketika debris dari komet ini menghantam atmosfer Bumi, mereka akan terbakar dan menciptakan jejak asap khas meteor.

Sayangnya, tahun ini tidak akan menjadi tahun yang baik untuk observasi hujan meteor Lyrid, karena bertepatan dengan Bulan Purnama 22 April 2016, sehingga cahaya Bulan yang sangat terang akan meredupkan cahaya meteor yang lewat. Biasanya, Anda dapat melihat 15 sampai 20 setiap jam. Namun, karena ada Purnama, Anda mungkin hanya bisa melihat 3-7 meteor per jam.

Peristiwa ini bisa disaksikan di seluruh Indonesia dengan mata telanjang tanpa peralatan seperti teleskop. Namun jika Anda ingin menontonnya saja secara online, Anda dapat mengikuti webcast dari Slooh Observatory, langsung dari Kepulauan Canary pada Sabtu, 23 April 2016, pukul 07:00 WIB.

Anda dapat melihatnya pada live streaming di bawah ini. Enjoy!


Yuk Nonton Hujan Meteor Lyrid Secara Online! Yuk Nonton Hujan Meteor Lyrid Secara Online! Reviewed by Riza Miftah Muharram on 4/22/2016 06:58:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.