Kala Bulan Singgah di Depan Matahari, 9 Maret 2016 Indonesia

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 di Tidore, Indonesia. Kredit: Catalin Baldea & Alson Wong
Info Astronomy - Sebuah peristiwa Gerhana Matahari Total telah lintasi Indonesia pekan lalu, menyisakan kenangan dan pengalaman bagi siapa saja yang cukup beruntung mengamatinya. Seperti astrofotografer Catalin Baldea dan Alson Wong, mereka berhasil mengabadikan indahnya gerhana dari Tidore, Indonesia.

Mereka berdua merupakan turis asing asal Romania yang menyempatkan waktu untuk datang langsung ke Indonesia. Karena memang seperti yang diketahui bersama, Indonesia adalah satu-satunya dataran yang bisa melihat Gerhana Matahari Total kala itu.

Terlihat dalam citra hasil jepretan Baldea, muncul korona di sisi kiri atas Bulan. Menariknya, permukaan Bulan yang terdiri dari mare dan kawah juga terlihat dalam citra yang menakjubkan ini. Seperti dikutip dari Spaceweather Gallery, Baldea memotretnya dengan CFF 80 mm f/6 refractor AstroTrac dan kamera Nikon D7200 dengan eksposur mulai 1/2000 hingga 1/2 detik dan ISO 100.

Kapan Gerhana Matahari selanjutnya akan terjadi? Paling dekat akan ada Gerhana Matahari Cincin pada 1 September 2016. Namun sayangnya hanya akan terlihat di Gabon, Madagaskar, Saint-Pierre dan Saint-Paul. Indonesia hanya kebagian sedikit (kurang dari 10%) dan terlihat di Jakarta, Banten, Jawa Barat, DIY, Bengkulu dan Lampung saja.
Kala Bulan Singgah di Depan Matahari, 9 Maret 2016 Indonesia Kala Bulan Singgah di Depan Matahari, 9 Maret 2016 Indonesia Reviewed by Riza Miftah Muharram on 3/15/2016 03:30:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.