Peta Galaksi Bima Sakti yang Terbaru dan Menakjubkan Telah Dirilis!

Potongan citra peta Galaksi Bima Sakti terbaru. Kredit: ESO
Info Astronomy - Salah satu penelitian terbesar tentang galaksi kita baru saja selesai. Survei ATLASGAL telah berhasil memetakan debu antarbintang yang dingin dan distribusi gas di Galaksi Bima Sakti untuk memahami bagaimana dan di mana bintang paling banyak terbentuk di galaksi kita.

Survei sejauh ini telah menghasilkan 70 karya ilmiah, dan dalam publikasi terbaru, para astronom menggabungkan data survei dengan pengamatan dari satelit Planck milik Agensi Antariksa Eropa.

Makalah penelitian yang telah muncul di jurnal Astronomy & Astrophysics, telah merincikan lokasi daerah pembentuk bintang yang padat serta daerah yang memiliki tingkat pembentukan bintang yang tepat di galaksi kita. Hasilnya, diketahui Bima Sakti membentuk bintang bermassa 13 kali massa Matahari setiap 10 tahun.

Proyek ini dilakukan berkat APEX, teleskop Atacama Pathfinder EXperiment, di Cile. Teleskop APEK merupakan pendahulu dari teleskop yang lebih maju, Atacama Large Millimeter / submillimeter Array (ALMA), yang mempelajari alam semesta pada panjang gelombang antara inframerah dan radio.

Dr. Carlos De Breuck, ilmuwan proyek APEX dari European Space Observatory (ESO), mengatakan, "Kita dapat memiliki pengamatan rinci dari galaksi kita karena kita berada di dalamnya. Jadi kita bisa mengetahui dengan jelas di mana daerah yang cocok bagi bintang-bintang dilahirkan. Ketika kita melihat langit dengan mata kita sendiri, kita melihat adanya jalur gelap di Bima Sakti. Jalur debu ini adalah tempat di mana bintang-bintang banyak terbentuk."

Untuk memahami bagaimana galaksi kita telah berevolusi menjadi seperti sekarang ini sangat penting untuk mendapatkan sensus lengkap terkait daerah pembentuk bintang. Bagi Anda yang ingin melihat peta terbaru dari galaksi Bima Sakti yang dirilis ATLASGAL, silakan klik di sini: eso.org/public/images/eso1606a/zoomable/
Peta Galaksi Bima Sakti yang Terbaru dan Menakjubkan Telah Dirilis! Peta Galaksi Bima Sakti yang Terbaru dan Menakjubkan Telah Dirilis! Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/26/2016 12:30:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.