Minggu Dinihari, Lihat Bulan di Dekat Bintang Spica dan Lima Planet Tata Surya

Letak Bulan dan Spica, serta lima planet Tata Surya pada 31 Januari 2016 05:00 AM. Hak cipta: Info Astronomy
Info Astronomy - Mulai tengah malam sampai Subuh pada hari Minggu, 31 Januari 2016, Bulan yang masuk fase bungkuk (waning gibbous) akan berdekatan dengan bintang Spica, bintang paling terang di rasi bitang Virgo. Keduanya akan ditemani oleh lima planet Tata Surya, dari Merkurius hingga Saturnus!

Dari tujuh benda langit yang bisa Anda saksikan dengan mata telanjang maupun teleskop ini, Planet Jupiter akan terbit lebih dulu dari enam lainnya. Planet termasif di Tata Surya tersebut sudah terlihat di atas 10 derajat dari cakrawala Timur pukul 23:00 waktu lokal daerah Anda tanggal 30 Januari 2016. Jupiter akan muncul bagai bintang kuning terang yang tak berkelap-kelip.

Sementara itu, Bulan, Spica dan Mars akan muncul berbarengan pukul 2:00 waktu lokal (31/1). Mereka akan membentuk formasi segitiga di langit, namun Bulan akan cenderung lebih dekat ke Spica. Planet Mars, seperti julukannya, akan muncul seperti bintang dengan cahaya kemerahan tak berkelap-kelip di langit Bumi. Letaknya adalah di arah Timur Bulan seperti pada gambar di atas.

Selanjutnya, Saturnus akan muncul bagai bintang kuning keemasan pukul 4:00 waktu lokal (31/1). Sayangnya, cincin Saturnus tidak akan terlihat jika Anda mengamatinya dengan mata telanjang. Anda butuh teleskop untuk melihat cincinnya yang megah itu.

Dan terakhir, Venus dan Merkurius tidak mau berjauh-jauhan satu sama lain. Keduanya baru bisa diamati pada pukul 5:00 waktu lokal daerah Anda (31/1). Ketika Venus dan Merkurius hadir di atas ufuk Timur, obyek-obyek lain dari Bulan, Spica, Mars, Jupiter dan Saturnus letaknya akan persis seperti pada gambar peta langit di atas.

Semuanya bisa disaksikan di seluruh Indonesia, pastikan langit cerah saat pengamatan. Planet-planet yang Anda akan lihat tidak akan muncul sebesar bentuk aslinya di langit Bumi. Karena jaraknya yang jauh, kelima planet ini hanya muncul bagai titik bercahaya mirip bintang namun cahayanya tidak berkelap-kelip. Sebagai tambahan, Venus paling terang di antara lima planet ini.

Selamat berobservasi ria!
Minggu Dinihari, Lihat Bulan di Dekat Bintang Spica dan Lima Planet Tata Surya Minggu Dinihari, Lihat Bulan di Dekat Bintang Spica dan Lima Planet Tata Surya Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/30/2016 01:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.