Stasiun Luar Angkasa Alami Kerusakan, Dua Astronot Bakal Spacewalk

Astronot Tim Kopra yang sedang spacewalk pada 21 Desember 2015. Kredit: NASA
Info Astronomy - Astronot Timothy Peake asal Inggris dan Tim Kopra asal Amerika Serikat sedang bersiap-siap untuk melakukan spacewalk pada pekan depan untuk mengganti regulator tegangan Stasiun Luar Angkasa Internasional yang rusak. Duo astronot ini dijadwalkan untuk spacewalk selama 6,5 ​​jam pada 15 Januari 2016.

Dalam persiapannya, Kopra saat ini sedang menyiapkan perlengkapan seperti pakaian astronot yang bakal ia dan Peake pakai saat spacewalk. Sementara Peake, astronot asal Inggris pertama sekaligus perwakilan dari European Space Agency ini mulai mengumpulkan dan mengkonfigurasi perkakas yang akan mereka butuhkan.

Kopra dan Peake merupakan anggota misi Ekspedisi 46, mereka juga melanjutkan penelitian ilmiah di Stasiun Luar Angkasa Internasional bersama Komandan Scott Kelly dan Mikhail Kornienko yang sedang menjalani misi satu tahun penuh di sana. Mereka sedang melakukan percobaan yang mengeksplorasi bagaimana gravitasi mikro meningkatkan tekanan otak yang mengakibatkan perubahan visi mereka.

Apa itu Spacewalk?
Tahukah Anda bahwa spacewalk adalah aktifitas paling berbahaya yang dilakukan astronot di luar angkasa? Meski ini adalah momen paling prestisius dan wajib dilakukan bagi seorang astronot karena tuntutan misinya, tetap saja mereka memertaruhkan nyawa.

Agar spacewalk ini lancar dan tidak membahayakan astronot serta ISS, perlu persiapan yang matang dan berjam-jam. Mulai dari koordinasi, baju, kantung oksigen, peralatan, kondisi fisik astronot dll semuanya dipersiapkan dengan seksama.

Nantinya, ketika spacewalk, astronot akan menggunakan pakaian astronot putih yang khas tersebut. Mereka akan ke luar Stasiun Luar Angkasa Internasional hanya dengan menggunakan pakaian tersebut yang tentu sudah disematkan kantung oksigen. Mereka akan melayang-layang di luar angkasa persis seperti pada film Gravity.
Stasiun Luar Angkasa Alami Kerusakan, Dua Astronot Bakal Spacewalk Stasiun Luar Angkasa Alami Kerusakan, Dua Astronot Bakal Spacewalk Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/06/2016 10:00:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.