Bulan-Venus-Saturnus Akan Bentuk Formasi Segitiga pada Dinihari 7 Januari 2016

Letak Bulan-Venus-Saturnus pada 7 Januari 2016. Hak cipta: Info Astronomy
Info Astronomy - Pemandangan indah akan tersaji pada dinihari tanggal 7 Januari 2016. Tiga obyek langit terang, Bulan-Venus-Saturnus akan membentuk formasi segitiga. Peristiwa ini disebut konjungsi, dan tentu akan terlihat di langit seluruh Indonesia.

Tiga obyek langit ini akan terlihat secara bersama-sama di langit Timur sebelum fajar. Mereka bertiga akan terbit pada pukul 03:07 waktu lokal daerah Anda, atau sekitar 2 jam 37 menit sebelum Matahari terbit, dan mencapai ketinggian 32° di atas ufuk Timur sebelum memudar dari pandangan karena terbit fajar sekitar pukul 05:29 waktu lokal.

Pada saat konjungsi, Bulan akan bersinar terang di magnitudo -10,2, Venus di magnitudo -4,4, dan Saturnus di magnitudo +1,2. Ketiganya akan bertengger di rasi bintang Ophiuchus. Sayangnya, mereka akan terlalu luas terpisah untuk muat dalam satu bidang pandang teleskop. Tapi jangan khawatir, Anda bisa melihatnya dengan mata telanjang atau melalui teropong.

Dalam pandangan mata telanjang, Bulan akan berada di fase Sabit Akhir, berusia 26 hari. Sementara itu, Venus akan terlihat bagai bintang paliiiiiiiiiiing terang di antara bintang-bintang lain di sekitarnya, dan Saturnus akan sedikit lebih redup. Letak ketiganya persis seperti pada gambar peta langit di atas.

Walaupun berdekatan, sebenarnya mereka terletak amat sangat berjauhan. Bulan berada pada jarak sekitar 360.000 kilometer dari Bumi, Venus berada pada jarak sekitar 38.000.000 kilometer dari Bumi, sementara Saturnus berada pada jarak 1.670.000.000 kilometer dari Bumi. Perbedaan jarak ini membuat Venus terlihat lebih terang dari Saturnus.
Bulan-Venus-Saturnus Akan Bentuk Formasi Segitiga pada Dinihari 7 Januari 2016 Bulan-Venus-Saturnus Akan Bentuk Formasi Segitiga pada Dinihari 7 Januari 2016 Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/06/2016 11:30:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.