VIDEO: Mampukah Kita Mengkolonisasi Planet Mars?

Cuplikan video "Futher Mars". Kredit: YouTube
Info Astronomy - Mengirim manusia ke Mars adalah sesuatu yang sangat diharapkan akan terjadi dalam beberapa dekade mendatang, mungkin pada tahun 2040an untuk misi NASA. Tapi tantangan seperti apa yang akan manusia hadapi ketika benar-benar tinggal di Mars secara permanen satu hari nanti?

Dalam episode kedua dari pada serial "Futher" (seri yang pertama adalah "Alien"), mantan astronot Jeffrey Hoffman membahas kemungkinan manusia yang satu hari nanti akan mengkolonisasi Planet Mars. "Jika manusia bisa bertahan di Mars, manusia mungkin bisa membangun spesiesnya di lebih dari satu planet. Kita akan benar-benar meningkatkan peluang spesies manusia untuk bertahan hidup dalam jangka panjang," katanya.


Astronot awal yang akan menjelajah Mars mungkin akan menghadapi tantangan psikologi daripada tantangan lainnya, ini karena mereka akan begitu jauh dari Bumi, menurut Hoffman. Tapi mungkin mereka akan memiliki tujuan yang luar biasa, yakni mengubah Mars kembali ke lingkungan laik huni, dengan suasana atmosfer yang tebal dan adanya air cair di permukaan, melalui proses yang dikenal sebagai terraforming.


Video menarik di bawah ini akan membawa Anda membayangkan bagaimana seorang penjelajah Mars masa depan yang akan mengembalikan suasana Mars yang masih laik huni seperti beberapa miliar tahun yang lalu. Hoffman mencatat, video ini masih semacam fiksi ilmiah karena sudah menggunakan teknologi yang lebih maju dari saat ini.


"Isi video ini melampaui apa pun yang bisa kita bayangkan hari ini," katanya. "Tapi aku tidak pernah berpikir bahwa teknologi kita yang saat ini tidak akan maju di masa depan, aku bahkan tidak bisa membayangkan seperti apa teknologi manusia nanti di masa mendatang."


Silakan lihat videonya di bawah ini:



VIDEO: Mampukah Kita Mengkolonisasi Planet Mars? VIDEO: Mampukah Kita Mengkolonisasi Planet Mars? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/02/2015 04:20:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.