Kepler-16b: Planet 'Tatooine' di Dunia Nyata

Ilustrasi planet Kepler-16b. Kredit: NASA
Info Astronomy - Keberadaan planet yang mengorbit bintang ganda, seperti Planet Tatooine yang digambarkan dalam film Star Wars lebih dari 30 tahun yang lalu, ternyata benar-benar ada di alam semesta kita. Misi Kepler NASA telah membuat deteksi pertama dari planet sirkumbiner --sebuah planet yang mengorbit dua bintang-- yang terletak 200 tahun cahaya dari Bumi.

Tidak seperti Tatooine pada film Star Wars yang merupakan laik huni, Tatooine di dunia nyata alias Kepler-16b ini merupakan planet gas yang dingin dan tidak cocok untuk menopang kehidupan, tapi penemuannya menunjukkan keragaman planet di galaksi kita. Kepler mendeteksi planet ini dengan metode transit, di mana kecerahan dari bintang induk meredup ketika planet ini melintas di depannya.

"Penemuan ini menegaskan kelas baru dari sistem planet," kata peneliti utama Kepler, William Borucki. "Mengingat bahwa sebagian besar bintang di galaksi kita adalah sistem biner, ada peluang besar bagi kehidupan muncul di planet sirkumbiner daripada planet yang hanya memiliki satu bintang induk."

Suasana dua matahari terbenam di Planet Tatooine dalam film Star Wars. Kredit: Lucasfilm, Wikimedia Commons
Sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Laurance Doyle dari SETI Institute di Mountain View, California, menggunakan data dari teleskop ruang angkasa Kepler, yang mengukur kedipan di kecerahan lebih dari 150.000 bintang, untuk mencari transit planet. Kepler adalah misi pertama NASA yang mampu menemukan planet seukuran Bumi yang berada di "zona laik huni," wilayah dalam sistem planet di mana air cair dapat eksis di permukaan planet yang mengorbit.

Kepler-16b adalah planet bermassa mirip Saturnus yang terdiri dari setengah gas dan setengah batuan serta es. Planet ini mengorbit sebuah bintang biner, Kepler-16, dengan jangka waktu 229 hari.