Stasiun Luar Angkasa Internasional Bakal Lintasi Langit Indonesia Malam Ini

Stasiun Luar Angkasa Internasional. Kredit: ESA/NASA
Info Astronomy - Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), sebuah satelit terbesar buatan manusia yang dihuni enam orang astronot ini mengelilingi Bumi setiap 90 menit sekali. ISS juga memiliki ukuran 110m x 100m x 30m sehingga bisa dilihat dengan mata telanjang sebab memantulkan sinar Matahari yang cukup terang.

Belum pernah melihat ISS melintasi langit daerah Anda? Ini mungkin akan jadi kesempatan pertama Anda. ISS muncul di langit bagai bintang berjalan yang tidak berkelap-kelip layaknya pesawat terbang. Cahayanya berwarna kuning dan konstan.

Berikut ini adalah wilayah-wilayah yang bakal dilalui ISS saat senja 27 Desember 2015:

DKI Jakarta & Seluruh Pulau Jawa
ISS muncul mulai pukul 18:54 WIB, bergerak dari Barat Laut ke arah Tenggara. Durasi keterlihatan ISS di DKI Jakarta & seluruh Pulau Jawa malam ini adalah 6,30 menit dengan magnitudo -3.

Pulau Sumatra
ISS muncul mulai pukul 18:52 WIB, bergerak dari Barat Laut ke arah Tenggara. Durasi keterlihatan ISS di Pulau Sumatra malam ini adalah 6,19 menit dengan magnitudo -2,6.

Pulau Bali dan Nusa
ISS muncul mulai pukul 19:55 WITA, bergerak dari Barat Laut ke arah Tenggara. Durasi keterlihatan ISS di Pulau Bali dan Nusa malam ini adalah 6,18 menit dengan magnitudo -2,5.

Pulau Kalimantan
ISS muncul mulai pukul 19:54 WITA, bergerak 18 derajat di atas horizon Barat dari arah Barat Laut ke Selatan. Durasi keterlihatan ISS di Pulau Kalimantan malam ini adalah 4,43 menit dengan magnitudo -1,2.

Pulau Sulawesi
ISS muncul mulai pukul 18:19 WITA, bergerak dari Utara ke Tenggara. Durasi keterlihatan ISS di Pulau Sulawesi malam ini adalah 5,13 menit dengan magnitudo -1,4.

Maluku dan Papua
ISS muncul mulai pukul 19:20 WIT, bergerak dari Barat Laut ke Tenggara. Durasi keterlihatan ISS di Maluku dan Papua malam ini adalah 6,33 menit dengan magnitudo -3,2.

Keterangan: Semakin kecil angka magnitudo, semakin terang kenampakan ISS di langit. Sebagai contoh, kenampakan ISS di Maluku dan Papua (-3,2) lebih terang daripada kenampakan ISS di Pulau Sulawesi (-1,4). Data jadwal melintasnya ISS ini didapatkan dari NASA Spot The Station.

ISS bisa diamati dengan mata telanjang, berikut video seperti apa ISS saat melintasi langit:

Stasiun Luar Angkasa Internasional Bakal Lintasi Langit Indonesia Malam Ini Stasiun Luar Angkasa Internasional Bakal Lintasi Langit Indonesia Malam Ini Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/27/2015 10:32:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.