Wahana Antariksa Cassini Kirim Citra Terbaru dari Enceladus

Enceladus, satelit alami milik Saturnus. Kredit: NASA, JPL
Info Astronomy - Wahana antariksa Cassini milik Lembaga Antariksa AS (NASA) telah mengirim transmisi data dan citra dari terbang lintas dekat salah satu satelit alami milik Saturnus, Enceladus. Cassini melewati Enceladus pada jarak 5.000 kilometer pada Sabtu 19 Desember 2015 pukul 12:49 WIB.

"Terbang lintas Enceladus yang terakhir ini memunculkan perasaan senang namun juga kesedihan serta kemenangan," kata Earl Corn, manajer proyek Cassini di Jet Propulsion Laboratoty. "Meskipun kami sedih tidak ada lagi terbang lintas dekat Enceladus, namun kami telah membuat sejarah pada dekade yang luar biasa untuk menyelidiki salah satu obyek yang paling menarik di Tata Surya."

Salah satu citra permukaan Enceladus yang bernama Samarkand Sulci. Kredit: NASA, JPL
Wahana antariksa Cassini akan terus memantau aktivitas di Enceladus dari kejauhan, sampai akhir misinya pada bulan September 2017. Namun NASA akan menyiapkan lintas dekat Cassini dengan Enceladus kemabali di masa yang akan datang, dan akan jauh lebih dekat, lebih dari empat kali lebih dekat dari lintas dekat kali ini.

Ini adalah lintas dekat Cassini dengan Enceladus ke-22 selama misi. Wahana antariksa Cassini telah berhasil mengumpulkan data aktivitas geologi di sana, bagaimana keadaan permukaan di sana yang didominasi oleh es, serta mengirim banyak citra luar biasa dari Enceladus tidak lama setelah ia tiba di orbit Saturnus.

Belahan Selatan Enceladus. Kredit: NASA, JPL
"Kami mengucapkan selamat tinggal untuk pandangan dekat kita ke dunia es yang menakjubkan ini," kata Linda Spilker, ilmuwan proyek misi di Jet Propulsion Laboratory di California. "Cassini telah membuat begitu banyak penemuan menakjubkan dari Enceladus, namun masih banyak juga yang harus dilakukan untuk menjawab pertanyaan itu penting, 'Apakah lautan di dunia kecil ini berkehidupan?'"

Setelah mengungkap aktivitas geologi mengejutkan Enceladus pada tahun 2005, Cassini membuat serangkaian penemuan tentang materi yang memancar dari patahan permukaan di dekat kutub selatannya. Para ilmuwan mengumumkan bukti kuat adanya lautan di bawah permukaan Enceladus pada tahun 2014, merevisi pemahaman mereka pada tahun 2015 yang mengkonfirmasi bahwa tidak ada lautan di sana.
Wahana Antariksa Cassini Kirim Citra Terbaru dari Enceladus Wahana Antariksa Cassini Kirim Citra Terbaru dari Enceladus Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/24/2015 09:00:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.