Astronot Pertama dari Britania Raya Meluncur ke ISS Pekan Depan

Astronot asal Britania Raya, Timothy Peake. Kredit: ESA/Getty Images
Info Astronomy - Britania Raya boleh berbangga. Sebab astronot pertama mereka, Timothy Peake, akan meluncur ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Mantan tentara Angkatan Udara Britania Raya ini akan meluncur pada 14 Desember 2015.

Peake adalah warga Britania Raya pertama yang terpilih sebagai astronot oleh ESA (European Space Agency). Peake mulai mengikuti pelatihan intensif astronot ESA pada bulan September 2009 dan lulus pada 22 November 2010.

Peake berhasil mengalahkan lebih dari 8.000 calon astronot lainnya untuk mendapatkan salah satu dari enam tempat di program pelatihan astronot baru dari ESA. Proses seleksi astronot ESA ini termasuk tes akademik, penilaian kebugaran dan beberapa wawancara. Peake sempat pindah ke Köln, Jerman bersama keluarganya untuk pelatihan ESA.

Pada tanggal 16 April 2012, NASA mengumumkan bahwa Peake akan menjalani pelatihan sebagai aquanot kapal laboratorium Aquarius selama misi NEEMO 16 di dalam air. Pada pagi hari 12 Juni di tahun yang sama, Peake dan beberapa rekan astronot lainnya resmi menjadi aquanot, setelah menghabiskan misi lebih dari 24 jam di bawah air.

Peake dijadwalkan meluncur Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), pada tanggal 14 Desember 2015, untuk Ekspedisi 46 dan Ekspedisi 47. Ia akan meluncur bersama dua astronot lain, yakni astronot Tim Kopra dari NASA dan kosmonot Rusia Yuri Malenchenkodi dengan menumpangi kapsul Soyuz TMA-19M buatan Rusia.

Good luck, astronauts!
Astronot Pertama dari Britania Raya Meluncur ke ISS Pekan Depan Astronot Pertama dari Britania Raya Meluncur ke ISS Pekan Depan Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/10/2015 04:16:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.