Inilah Tampilan Baru dari Prototipe Baju Astronot Mars milik NASA

Prototipe baju astronot Mars milik NASA. Kredit: NASA, SciencePorn
Info Astronomy - Setelah berhasil mengumpulkan 233.431 total suara, baju astronot bernama Z-2 berhasil mendapatkan 63% dari total suara tersebut. Desain dari baju astronot Z-2 sudah bisa Anda lihat pada foto di atas. Terlihat "sci-fi", bukan?

NASA Z-2 adalah prototipe baju astronot generasi berikutnya, Z-series. Yang didesain untuk misi manusia ke Mars dua dekade mendatang. NASA mengatakan baju astronot Z-2 baru merupakan prototipe namun unsur-unsurnya bisa dipadukan ke pakaian untuk manusia pertama yang mencapai Planet Merah.

Baju astronot itu menggunakan lapisan yang memancarkan cahaya dan kabel bersinar yang bisa diatur untuk mengidentifikasi individu. Dibuat dengan menggunakan mesin cetak 3D dan mesin pengindai gambar 3D, Z-2 akan diuji di ruang tanpa udara di kolam renang NASA yang meniru permukaan bebatuan Mars.

Prototipe baju astronot Z-2 ini dirancang oleh vendor ILC Dover dan Universitas Philadelphia. Terbuat dari material kawat Luminex dengan garis yang memancarkan cahaya dalam gelap. Serta terlihat juga sebuah lampu berwarna merah di dada untuk nantinya difungsikan untuk membedakan astronot yang memakainya.

Sepatunya juga dibuat dengan bahan yang bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Desain di sekitar bahu, pinggul, dan sendi-sendi lainnya juga sudah mengalami perbaikan agar pergerakan astronot lebih leluasa.

"Lapisan penutup pada baju tersebut bisa digunakan untuk banyak fungsi, seperti menjelajah di planet Mars, melindungi astronot dari serangan meteor kecil, suhu ekstrem, dan efek berbahaya dari paparan radiasi," kata NASA.

Penasaran ingin memakai baju astronot ini?
Inilah Tampilan Baru dari Prototipe Baju Astronot Mars milik NASA Inilah Tampilan Baru dari Prototipe Baju Astronot Mars milik NASA Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/12/2015 09:55:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.