Bintang VY Canis Majoris Sekarat, Ia Kehilangan 30 kali Massa Bumi Tiap Tahun

Bintang VY Canis Majoris yang sedang sekarat, bintang terhalangi piringan coklat agar tidak silau. Kredit: ESO
Info Astronomy - Salah satu bintang terbesar di galaksi Bima Sakti yang bernama VY Canis Majoris, telah terdeteksi para astronom saat ini menjalani "penurunan berat badan" secara dramatis, sebuah peristiwa yang mengawali akhir dari kehidupan bintang: sekarat!

Para astronom dari European Southern Observatory (ESO) menggunakan Very Large Telescope untuk melihat daerah sekitar bintang VY Canis Majoris dan menemukan bahwa setiap tahun bintang maharaksasa ini kehilangan massa hingga 30 kali massa Bumi. Mereka menggunakan instrumen SPHERE, yang memiliki kemampuan untuk pencitraan langsung, supaya mendapatkan informasi rinci tentang materi yang dikeluarkan oleh bintang sekarat ini.

VY Canis Majoris adalah bintang maharaksasa merah yang memiliki massa sekitar 30 kali massa Matahari. Ia memiliki radius lebih dari 1.400 kali dari radius Matahari, dan jika ia menggantikan Matahari di pusat Tata Surya, ia akan sangat besar, bahkan hingga ke orbit Jupiter.

Bintang maharaksasa seperti VY Canis Majoris ini cenderung kehilangan material berupa debu dan gas secara besar-besaran. Debu dan gas tersebut terlihat pada citra VY Canis Majoris di atas, berupa nebula warna-warni di sekitar bintang. Nebula tersebut akan terus tercipta hingga ledakan supernova yang tak dapat dihindari.

Menurut para astronom, nebula ini tercipta dari cahaya bintang yang memuntahkan debu keluar, dengan cara yang sama seperti angin mendorong layar perahu.

"Bintang masif dengan hidup yang singkat," kata Peter Scicluna, penulis utama makalah ilmiah ini yang diterbitkan dalam jurnal Astronomy & Astrophysics. Ketika bintang-bintang supermasif ini dekat dengan ajalnya, mereka akan kehilangan banyak massa.

Debu dan gas yang terlontar oleh bintang-bintang seperti VY Canis Majoris memainkan peran penting dalam "daur ulang" di galaksi Bima Sakti. Debu dan gas ini akan menyebar ke medium antarbintang, menjadi material baru yang dapat menciptakan bintang-bintang serta planet-planet baru dari generasi berikutnya.

Good luck, VY Canis Majoris.
Bintang VY Canis Majoris Sekarat, Ia Kehilangan 30 kali Massa Bumi Tiap Tahun Bintang VY Canis Majoris Sekarat, Ia Kehilangan 30 kali Massa Bumi Tiap Tahun Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/26/2015 01:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.