VIDEO 4K: 'Gread Red Spot' di Planet Jupiter Miliki Bentuk Baru

NASA melalui teleskop antariksa Hubble telah merekam video 4K Ultra-HD yang mengungkapkan beberapa fitur baru yang menarik di permukaan planet termasif di Tata Surya kita ini, termasuk fitur Great Red Spot atau Titik Merah Besar di ekuator Jupiter.
Citra Great Red Spot terbaru pada permukaan Planet Jupiter. Kredit: NASA/Hubble
Info Astronomy - Setiap tahun, Teleskop Antariksa Hubble merangkai potret keluarga anggota Tata Surya. Citra masing-masing planet dan objek Tata Surya lain secara rinci yang dipotret Hubble memberikan para ilmuwan kesempatan untuk melihat perubahan masing-masing dari waktu ke waktu.

Jupiter adalah anggota keluarga Tata Surya pertama yang dipotret dan direkam Hubble, dan video 4K Ultra-HD telah mengungkapkan beberapa fitur baru yang menarik di permukaan planet termasif di Tata Surya kita ini, termasuk fitur Great Red Spot atau Titik Merah Besar di ekuator Jupiter.

Para ilmuwan belum pernah melihat Titik Merah Besar di Jupiter sampai wahana antariksa Voyager 2 terbang lintas dekat melewati sang planet gas raksasa pada tahun 1979. Pada saat itu, para ilmuwan berpikir fitur tersebut hanyalah kebetulan, tapi pengamatan terbaru menunjukan ini adalah fitur yang langka.

Setiap 10 jam, Titik Merah Besar terlihat dari permukaan Bumi, tentu jika diamati lewat teleskop. Titik Merah Besar di Jupiter sudah menyusut setidaknya 240 kilometer dari tahun lalu, dan diperkirakan akan terus menyusut dari tahun ke tahun.

Video di bawah ini dapat Anda saksikan dalam kualitas 4K Ultra-HD dengan klik tombol gear di bawah kanan video dan pilih 2160p.