Kabut Asap di Indonesia Bisa Dilihat dari Orbit Bulan

Citra Bumi dipotret melalui satelit Himawari milik Jepang. Kredit: AGU
Info Astronomy - Kabut asap masih menyelimuti beberapa wilayah di Indonesia. Kabut ini semakin pekat karena titik api juga semakin banyak. Saking banyaknya, kabut asap di Indonesia bahkan terlihat dari orbit Bulan.

Citra di atas adalah citra (yang sudah kami crop) dari satelit cuaca Himawari milik Jepang, Anda dapat dengan jelas melihat asap dari kebakaran hutan yang meliputi beberapa pulau di Indonesia. Himawari adalah satelit yang terletak di orbit geostasioner. Tidak hanya dari Himawari, kabut asap juga terlihat jelas dari satelit Deep Space Climate Observatory, yang berjarak 1,6 juta km.

Apa yang terjadi? Jawabannya adalah kelapa sawit. Kebakaran ini memang disengaja untuk membuka lahan perkebunan kelapa sawit. Sayang sungguh sayang, curah hujan di Indonesia kini berada di bawah batas normal, dan ditambah hutan Indonesia yang sangat kering. Alhasil, asap semakin besar, hujan tak kunjung turun deras.

Masalah kebakaran ilegal ini ironisnya terjadi setiap tahun. Dan cuaca kering tahun 2015 ini telah membuatnya menjadi jauh lebih buruk dari tahun-tahun yang lalu. Kabut pekat, kesehatan terganggu, aktivitas masyarakat pun lumpuh.

Mengapa tak kunjung turun hujan? Justru ini disebabkan karena asap. Kabut asap seperti ini benar-benar dapat mengurangi curah hujan di seluruh wilayah yang terkena dampak, ditambah tahun ini juga ada El Nino, hujan seolah enggan turun.

Sebuah studi pada tahun 2006 menegaskan bahwa cuaca kering dari El Nino kemungkinan menyebabkan asap bakal betah berlama-lama di udara dari biasanya. Iklim Bumi telah berubah, mungkinkah kita bertahan?
Kabut Asap di Indonesia Bisa Dilihat dari Orbit Bulan Kabut Asap di Indonesia Bisa Dilihat dari Orbit Bulan Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/28/2015 01:53:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.