Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Ayo Peduli dengan Bumi

Miliaran manusia berpijak di Planet bernama Bumi. Sebanyak itu pula yang harusnya peduli juga mencintai Bumi. Kini Bumi sudah tak muda, beragam masalah terus dihadapinya dan satu yang paling serius, ialah perubahan iklim. Perkembangan zaman memaksa Bumi harus menerima segala perubahan yang akhirnya berdampak tidak baik.
Bumi. Kredit: NASA
Info Astronomy - Miliaran manusia berpijak di Planet bernama Bumi. Sebanyak itu pula yang harusnya peduli juga mencintai Bumi. Kini Bumi sudah tak muda, beragam masalah terus dihadapinya dan satu yang paling serius, ialah perubahan iklim. Perkembangan zaman memaksa Bumi harus menerima segala perubahan yang akhirnya berdampak tidak baik.

Warga dunia sudah semestinya harus berkomitmen untuk berubah dengan cara mencintai dan merawatnya agar Bumi tetap lestari. Warga dunia harus menumbuhkan kesadaran tentang lingkungan dan mengembangkan inisiatif hidup berkelanjutan, untuk dirinya sendiri terutama.

Bagaimana cara mudah mencintai dan merawat Bumi? Tidak sulit! Berikut beberapa cara sederhana nan jitu untuk menyelamatkan Bumi seperti dikutip dari Huffington Post.

Mengurangi penggunaan energi. Setengah dari emisi gas rumah kaca di Amerika berasal dari penggunaan mobil. Jika Anda ingin mengurangi emisi gas rumah kaca, caranya sederhana. Coba gunakan transportasi ramah lingkungan seperti sepeda, atau berjalan kaki.

Kurangi makan daging. Industri daging telah menghasilkan seperlima emisi gas rumah kaca di seluruh dunia. Mengurangi makan daging akan otomatis mengurasi emisi gas rumah kaca. Anda bisa menggantinya dengan sesekali memakan non-daging.

Kembangkan pupuk kompos. Lebih dari satu miliar pon makanan dibuang tiap tahun. Untuk mengurangi limbah makanan sisa, mengapa tidak mulai membuat pupuk kompos? Pupuk kompos sangat bermanfaat untuk menanam pohon. Penanaman pohon akan membuat udara menjadi lebih sejuk karena pohon memproduksi oksigen.

Sesuaikan suhu air. Anda pengguna pemanas air untuk mandi? Jika ya, bijaklah menggunakannya. Karena limbah pemanas air ternyata juga memberi dampak buruk bagi Bumi. Kalau tidak terlalu butuh, janganlah menggunakan pemanas air.

Berhenti gunakan kantong plastik. Cintai Bumi dengan kurangi penggunaan plastik. Bahan satu ini sangat sulit dan membutuhkan waktu lama agar dapat hancur. Jika Anda berbelanja di supermarket, bawalah totebag sendiri untuk belanjaan yang Anda beli.

Belilah produk lokal. Apa hubungan produk lokal dengan mencintai Bumi? Ternyata ada hubungan antara produk lokal dengan Bumi. Ketika Anda menggunakan produk lokal, maka jarak antar pun ikut berkurang. Dengan demikian, Anda telah mengurangi jejak karbon yang dihasilkan dari kendaraan pengantar.

Kurangi ‘jejak’ Anda. Apa maksudnya? Kurangi jejak ekologis Anda dengan mengurangi penggunaan kendaraan. Gunakan transportasi ramah lingkungan atau berjalan kaki. Selain sehat, cara ini Anda juga menyehatkan Bumi.

Jangan lupa matikan listrik. Anda pasti sering sekali lupa mencabut peralatan listrik dari sumber listrik. Mulai sekarang sebelum pergi, tak ada salahnya untuk mengecek setiap sudut rumah agar tidak ada peralatan listrik yang tertancap pada sumber listrik.

Mendaur ulang barang elektronik. Setiap tahun, ribuan ton perangkat elektronik dibuang ke tempat pembuangan. Akhirnya limbah elektronik ini mencemari lingkungan dan berdampak buruk bagi Bumi. Mendaur ulang atau mengumpulkannya sebagai koleksi ternyata mampu menjaga kerusakan lingkungan.

Itulah beberapa cara sederhana untuk selalu mencintai dan peduli dengan Bumi. Kalau tidak sekarang memulainya, kapan lagi? Dan jika bukan kita, siapa lagi yang memulai aksi mencintai Bumi?
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.