Ayo Lihat Pluto dalam Citra 3 Dimensi!

Wilayah berkawah di Pluto dalam 3 Dimensi. Klik foto untuk memperbesar. Kredit: NASA/SwRI/JHUAPL
Info Astronomy - Para ilmuwan NASA saat ini sedang menunggu pengunduhan seluruh data yang dikumpulkan wahana antariksa New Horizons ketika terbang lintas dekat Pluto pada 14 Juli 2015. Sambil menunggu, NASA merilis citra permukaan Pluto dalam 3 dimensi.

Pada citra 3 dimensi ini, Anda akan melihat kawah-kawah dan ngarai di permukaan Pluto seperti saat sedang terbang di atas permukaannya. Namun, Anda membutuhkan kacamata merah-biru atau kacamata 3 dimensi untuk menikmatinya.

Citra 3 dimensi ini menunjukkan suatu wilayah selebar 300 kilometer, berpusat di dekat 130° Bujur Timur dan 20° Lintang Utara. Wilayah yang dirilis dalam citra 3 dimensi ini merupakan wilayah yang banyak dihuni kawah-kawah, lengkap dengan dengan bukit-bukit rendah serta kerak-kerak permukaan Pluto.

Fitur ngarai yang terletak pada sisi kiri atas citra 3 dimensi ini memiliki kedalaman sekitar 1,6 kilometer, sedangkan kawah-kawah besar yang berada di sisi kanan bawah gambar memiliki kedalaman sekitar 2,1 kilometer. Fitur terkecil pada citra 3 dimensi ini memiliki kedalaman kurang lebih 0,6 kilometer.
Ayo Lihat Pluto dalam Citra 3 Dimensi! Ayo Lihat Pluto dalam Citra 3 Dimensi! Reviewed by Riza Miftah Muharram on Oktober 30, 2015 Rating: 5

Hype - Jangan Lewatkan!