Satelit LAPAN-A2 Milik Indonesia Akhirnya Capai Orbit Bumi

Roket PSLV-C30 pembawa LAPAN-A2 yang meluncur dari Sriharikota, India. Kredit: ISRO
Info Astronomy - Sejarah akhirnya mencatat. Satelit milik dan buatan Indonesia, LAPAN-A2 telah berhasil diluncurkan dari Satish Dhawan Space Center, di Sriharikota, India pada hari ini (28/9)  pukul 11.30 WIB dengan menumpang roket PSLV-C30 yang juga mengangkut satelit India, Astrosat.

Peluncuran mikrosatelit LAPAN-A2 ini disambut baik oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Prof. Dr. Thomas Djamaluddin. Dia menegaskan, peluncuran satelit ini membuktikan bahwa Indonesia semakin handal dalam teknologi antariksa. Beliau juga menjelaskan pentingnya penguasaan teknologi antariksa untuk memacu perkembangan industri lain serta menumbuhkan kebanggan nasional (national pride) yang harganya tak terhingga.

"Jadi peluncuran satelit ini menjadi lompatan besar bagi Bangsa Indonesia bahwa kita menguasai teknologi satelit," ucap Thomas di kantor pusat LAPAN, Jalan Pemuda Persil Rawamangun, Senin (28/9) seperti dilansir dari Liputan6.com. "LAPAN-A2 ini kita buat sendiri dengan engineer dari LAPAN, dan fasilitas dari LAPAN."

Dia pun menambahkan, meski saat ini peluncuran masih 'menumpang' roket dari negara lain, sangat besar kemungkinan di masa mendatang hal itu dilaksanakan di Tanah Air. "Memang kita masih menggunakan roket peluncur dari India, tapi di masa depan kita harus bisa meluncurkan sendiri, kita ingin membangun kemandirian teknologi satelit," jelas beliau.

Ilustrasi satelit LAPAN-A2 ketika di orbit Bumi. Dokumen: Info Astronomy
Di luar angkasa, satelit berbobot 78 kilogram tersebut diorbitkan dekat ekuator dengan inklinasi enam derajat pada ketinggian 650 km dari permukaan Bumi. Dengan orbit itu, LAPAN-A2 akan melintasi Indonesia selama 14 kali setiap hari dengan periode orbit 100 menit.

Satelit LAPAN-A2 milik Indonesia ini membawa video dan kamera digital untuk mengambil gambar Bumi dari orbit, ditambah muatan untuk sistem pelacakan kapal dan peralatan radio amatir.

Kami semua di Info Astronomy ikut bangga, dan mengucapkan selamat kepada LAPAN atas berhasil diluncurkannya satelit LAPAN-A2 ke orbit Bumi.
Satelit LAPAN-A2 Milik Indonesia Akhirnya Capai Orbit Bumi Satelit LAPAN-A2 Milik Indonesia Akhirnya Capai Orbit Bumi Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/28/2015 01:08:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.