Lihat Bulan Sabit bertemu Planet Venus & Mars Sebelum Matahari Terbit, 9-10 September 2015

Letak Bulan-Venus-Mars di langit Timur pada 9 September 2015 05:00 WIB. Kredit: Stellarium Mobile
Info Astronomy - Ayo bangun pagi! Sebelum Matahari terbit pada pagi hari tanggal 9 dan 10 September 2015, kita bisa menikmati pemandangan Bulan Sabit yang akan bertemu Planet Venus dan Mars di langit Timur.

Venus yang baru beralih dari langit Barat saat senja ke langit Timur saat dinihari ini akan muncul bagai bintang yang paling cemerlang di langit. Saking terangnya, Venus dinobatkan sebagai objek paling terang ketiga di langit setelah Matahari dan Bulan. Sehingga Venus akan sangat mudah ditemukan.

Mars bakal muncul tidak terlalu terang dengan cahaya kemerahannya, tapi Bulan Sabit dan Venus akan begitu terang dan dapat membantu Anda menemukan Mars bahkan tanpa teleskop atau teropong.

Bulan selalu bergerak ke arah Timur relatif terhadap planet dan bintang-bintang latar belakangnya. Jika Anda tidak tahu di mana arah Timur, ingat saja Timur adalah arah Matahari terbit. Posisi Bulan Sabit, Venus dan Mars pada 9 September 2015 akan persis seperti peta langit di atas.

Letak Bulan-Venus-Mars di langit Timur pada 10 September 2015 05:00 WIB. Kredit: Stellarium Mobile
Pada pagi hari sebelum Matahari terbit pada 10 September 2015, Bulan akan sedikit lebih dekat kedudukannya dengan Venus daripada hari sebelumnya. Ini akan lebih memudahkan Anda menemukan Venus yang akan nampak bagai titik terang persis seperti gambar kedua di atas.

Bulan Sabit tipis dan Venus pada 10 September 2015 hanya akan terpisah 2,7° di langit Timur. Kabar baiknya, peristiwa astronomis ini dapat disaksikan di seluruh Indonesia dengan mata telanjang. Tentu jika Anda punya teleskop, Anda akan melihat Venus dan Mars tak hanya seperti bintang saja, tetapi lebih dekat dan menarik.

Jadi, selamat mengamati!

PS: Venus dan Mars takkan muncul sebesar Bulan!
Lihat Bulan Sabit bertemu Planet Venus & Mars Sebelum Matahari Terbit, 9-10 September 2015 Lihat Bulan Sabit bertemu Planet Venus & Mars Sebelum Matahari Terbit, 9-10 September 2015 Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/08/2015 03:20:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.