Katakan Hai Kepada Galaksi Tetangga Kita

Kredit foto: ESA, Planck
Info Astronomy - Ketika Satelit Planck milik European Space Agency (ESA) memindai langit beberapa tahun yang lalu, satelit ini berhasil mengumpulkan data frekuensi yang menghasilkan mozaik menakjubkan dari dua galaksi tetangga Bima Sakti, yakni Awan Magellan Besar dan Awan Magellan Kecil.

Citra mozaik yang ESA dirilis musim panas ini, menunjukkan gumpalan oranye gelap besar, yangmerupakan galaksi kerdil tetangga Bima Sakti yang disebut Awan Magellan Besar. Galaksi kerdil tersebut memiliki massa sepuluh miliar kali massa Matahari kita, dan terletak sekitar 160.000 tahun cahaya dari galaksi kita.

Sedangkan gumpalan segitiga di sudut kiri dari citra di atas juga merupakan galaksi kerdil tetangga Bima Sakti, yang disebut Awan Magellan Kecil. Memiliki massa sekitar tujuh miliar kali massa Matahari kita dan terletak 200.000 tahun cahaya dari galaksi kita.

Sementara itu, di bagian atas citra, ada warna kekuningan yang merupakan debu antarbintang dari konstelasi Chamaeleon. Satelit Planck diluncurkan pada 2009 dan menggunakan Low Frequency Instrument dan High Frequency Instrument untuk memetakan Cosmic Microwave Background seperti citra di atas.

Data-data yang berhasil dikumpulkan satelit Planck bisa memberi pengetahuan kepada para astronom tentang bagaimana bintang terbentuk, dan dapat membantu menjawab besar tentang bagaimana alam semesta dimulai.
Katakan Hai Kepada Galaksi Tetangga Kita Katakan Hai Kepada Galaksi Tetangga Kita Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/22/2015 10:00:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.