NASA Temukan Eksoplanet Berbatu di Dekat Tata Surya Kita

Ilustrasi eksoplanet berbaru di dekat tata surya kita. Kredit: NASA, JPL
Info Astronomy - Setelah berhasil menemukan Kepler-452b yang disebut-sebut sebagai Planet Bumi 2.0, sekarang ini NASA kembali menemukan sebuah eksoplanet atau ekstra solar planet. Sebuah planet berbatu yang tidak jauh dari Bumi kita, setidaknya dalam skala alam semesta.

Menggunakan Teleskop Antariksa Spitzer milik NASA yang ditempatkan di orbit Bumi, para astronom telah mengkonfirmasi penemuan planet berbatu tersebut di dekat luar tata surya kita. Planet ini memiliki ukuran yang lebih besar dari Bumi dan merupakan "tambang emas" untuk mengumpulkan data-data ilmiah.

Dinamai HD 219134b, planet ini mengorbit terlalu dekat dengan bintang induknyanya, sehingga tidak mungkin ada air cair di sana dan juga tidak laik huni. Planet ini hanya 21 tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Sementara planet itu sendiri tidak dapat dilihat secara langsung, bahkan oleh teleskop, bintang induknya terlihat dengan mata telanjang di langit malam di rasi bintang Cassiopeia, dekat Bintang Utara Polaris.

Letak bintang HD 219134. Kredit: NASA, JPL
HD 219134b merupakan planet luar surya terdekat dengan Bumi yang pernah dideteksi dengan metode transit, sebuah metode pengamatan planet yang melintas di depan bintang induknya. Karena itu, cocok untuk penelitian yang lebih dalam tentang planet ini.

"Planet ini akan menjadi salah satu dari sekian banyak planet luar surya yang paling dipelajari selama beberapa dekade yang akan datang," kata Michael Werner, ilmuwan pada misi Spitzer di NASA Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California.

Planet awalnya ditemukan dengan menggunakan instrumen HARPS melalui Teleskop Nasional Galileo di Kepulauan Canary, Italia. Planet ini juga adalah subjek dari studi yang dipublikasikan dalam jurnal Astronomy & Astrophysics.

Penulis studi Ati Motalebi dari Observatorium Jenewa di Swiss mengatakan ia percaya planet ini adalah target ideal untuk James Webb Space Telescope milik NASA yang akan diluncurkan ke orbit Bumi dan mulai beroperasi pada tahun 2018. "Teleskop James Webb nantinya mungkin akan sanggup mencitrakan planet ini dengan baik," kata Motalebi.

Hanya sebagian kecil dari planet luar surya yang dapat dideteksi dengan metode transit karena bintang induk mereka memiliki orientasi relatif terhadap Bumi. Ketika orientasi tepat, planet berada di depan bintang induknya, peredupan cahaya bintang pun mendeteksi adanya planet yang mengorbit.

Peredupan inilah yang sebenarnya diteliti oleh Spitzer dan dapat mengungkapkan tidak hanya ukuran planet tetapi juga petunjuk tentang komposisi planet.

"Planet HD 219134b ini merupakan planet tetangga kita yang berada di tata suya lain," kata astronom dan rekan penulis studi Lars A. Buchhave dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics di Cambridge, Massachusetts. Untuk referensi, planet sebelumnya yang dikenal paling dekat dengan Bumi adalah GJ674b, berjarak 14,8 tahun cahaya; komposisinya tidak diketahui.

NASA mengungkap massa planet HD 219134b ini sekitar 4,5 kali lebih besar dari massa Bumi. Ukuran planet tersebut juga sekitar 1,6 kali lebih besar dari Bumi. Menggabungkan ukuran dan massa, NASA mendapatkan temuan bahwa kepadatan planet ini sekitar 3,5 ons per inci kubik (6 gram per sentimeter kubik), dan mengkonfirmasikan HD 219134b adalah planet berbatu.

Sekarang astronom tahu HD 219134b transit bintangnya, para ilmuwan akan terus mengamati dan memelajari planet ini. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi kimia saat peredupan cahaya bintang karena planet lewat di depannya. Jika planet ini memiliki atmosfer, bahan kimia di dalamnya dapat membuat pola dalam cahaya bintang yang diamati.

Riza Miftah Muharram, JPL
NASA Temukan Eksoplanet Berbatu di Dekat Tata Surya Kita NASA Temukan Eksoplanet Berbatu di Dekat Tata Surya Kita Reviewed by Riza Miftah Muharram on 7/31/2015 03:01:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.