Kepler-452b: Kenal Lebih Dekat dengan Planet Bumi 2.0

Kepler-452b telah dikonfirmasi sebagai planet, dan mungkin menjadi planet ekstrasurya paling mirip dengan Bumi yang pernah ditemukan. Terletak sejauh 1400 tahun cahaya, Kepler 452b hanya 60% lebih besar dari Bumi.
Infografis Kepler-452b. Kredit: Info Astronomy, NASA
Info Astronomy - Di galaksi yang luas ini, ada banyak planet di luar sana. Teleskop luar angkasa Kepler milik Lembaga Antariksa AS (NASA) telah menemukan lebih dari 4.175 planet. Dan kini, menambahkan 500 planet lagi ke dalam daftar penemuan—termasuk planet mirip Bumi—yang bisa menunjukkan kepada kita gambaran masa depan planet kita.

Beberapa kandidat planet ekstrasurya mungkin berubah menjadi hanya bintik matahari atau anomali lainnya, tetapi kira-kira 80 persen dari penemuan tersebut diharapkan adalah planet sungguhan.

Dari 500 planet baru, 12 diantaranya berukuran kurang dari dua kalinya Bumi dan sembilan diantaranya mengorbit pada bintang mereka pada jarak yang memiliki suhu tepat untuk adanya air sebagai unsur kehidupan di permukaannya.

Kandidat-kandidat baru berasal dari data Kepler lama, yang dikumpulkan sebelum kendali reaksi kedua teleskop pecah di tahun 2013. Meskipun misi teleskop berubah setelah kerusakan tersebut, data yang dikumpulkan teleskop selama 4 tahun ia bertugas masih menjadi ‘harta karun’ bagi para astronom.

“Kami telah menyempurnakan analisis kami, belajar lebih banyak tentang seperti apa data kepler, dan bagaimana kebisingan bertingkah,” kata ilmuwan yang terlibat dalam misi Kepler, Jeffrey Coughlin, sekaligus pemimpin penelitian.

Untuk menemukan kandidat-kandidat baru, ia mengatakan, “Kami membersihkan data, mengurangi kebisingan dan menyesuaikan semua proses kami.” Dengan lebih menyempurnakan algoritma mereka, tim Coughlin berharap dapat mengumumkan satu set calon planet ekstrasurya lain dari data yang sama tahun depan.