Seperti Inilah Kenampakan Aurora di Planet Mars

Seperti Inilah Kenampakan Aurora di Planet Mars
Aurora di Planet Mars. Kredit: B. Bernard
Info Astronomy - Aurora tidak hanya terlihat di Bumi. Astronot yang nantinya didaratkan di Mars mungkin dapat melihat aurora di langit Sang Planet Merah. Dan mungkin aurora tersebut sebagian besar berwarna biru, bukan merah dan hijau seperti di Bumi.

Gambar di atas menunjukkan seperti apa aurora yang mungkin terlihat di Planet Merah, ilustrasi ini diciptakan oleh Jean Lilensten dan rekannya di Institut Planetologi dan Astrofisika di Grenoble, Prancis. Mereka melakukannya dengan menggunakan alat yang disebut Planeterrella. Dengan memompa gas di dalam atmosfer planet, mereka dapat menciptakan pertunjukan cahaya aurora.

Aurora terbentuk atau berasal dari partikel bermuatan dari matahari yang berinteraksi dengan medan magnet sebuah planet dan atmosfernya sehingga menghasilkan cahaya.

Warna tergantung pada unsur-unsur di atmosfer, di atmosfer Mars sebagian besar adalah karbon dioksida, sebuah molekul yang memancarkan cahaya biru ketika partikel bermuatan bertabrakan dengannya.

Sebelumnya, sebuah wahana antariksa telah mendeteksi aurora di Mars pada cahaya ultraviolet. Awal tahun ini, misalnya, wahana antariksa MAVEN milik NASA telah melihat aurora di ketinggian rendah di belahan Utara Planet Mars, meskipun aurora biasanya terlihat di selatan Mars di mana medan magnetnya paling kuat.
Seperti Inilah Kenampakan Aurora di Planet Mars Seperti Inilah Kenampakan Aurora di Planet Mars Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/02/2015 11:56:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.