Skyquake: Peristiwa Dengungan Bumi, Bukan Terompet 'Sangkakala'

Skyquake: Peristiwa Dengungan Bumi, Bukan Terompet 'Sangkakala'
Bumi dan Bulan dari Luar Angkasa. Kredit: NASA, JPL
Info Astronomy - Skyquake, sebuah fenomena yang belum terpecahkan, fenomena di mana terdengar suara seperti meriam atau ledakan sonik yang seolah muncul dari langit.

Skyquake telah terdengar di beberapa lokasi di seluruh dunia seperti di tepi sungai Gangga di India, Pantai Timur dan pedalaman Finger Lakes di Amerika Serikat, serta di Laut Utara, Jepang dan Italia.

Suara skyquake digambarkan seperti suara petir yang jauh lebih keras, namun terjadi saat tidak ada awan di langit yang cukup besar untuk menghasilkan petir. Skyquake persis terdengar seperti suara tembakan meriam. Suara misterius dari skyquake terkadang menyebabkan gelombang kejut yang cukup besar.

Asal muasal skyquake belum diidentifikasi secara ilmiah. Sejauh ini skyquake telah dihipotesiskan sebagai:

  1. Meteor yang memasuki atmosfer Bumi dan menyebabkan ledakan sonik.
  2. Gas bio yang membusuk dari vegetasi di dasar danau tiba-tiba meledak.
  3. Luruhan kapur di gua-gua bawah laut.
  4. Kegiatan militer.
  5. Dalam beberapa kasus, skyquake dikaitkan dengan gempa Bumi.
  6. Anomali atmosfer atas Bumi.
  7. Resonansi dari Matahari atau aktivitas magnetik Bumi yang terangsang.
Kabar yang menyajikan berita bahwa dengungan Bumi ini adalah suara tiupan terompet sangkakala merupakan hoax. Video-video yang tersebar di situs berbagi video YouTube juga lebih banyak yang menampilkan hoax daripada dokumentasi asli.
Skyquake: Peristiwa Dengungan Bumi, Bukan Terompet 'Sangkakala' Skyquake: Peristiwa Dengungan Bumi, Bukan Terompet 'Sangkakala' Reviewed by Riza Miftah Muharram on 5/26/2015 11:22:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.