Venus Berdampingan dengan Gugus Bintang Pleiades Akhir Pekan Ini

Venus Berdampingan dengan Gugus Bintang Pleiades Akhir Pekan Ini
Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Pemandangan menarik bakal tersaji di langit mulai senja ini (9/4) hingga akhir pekan nanti. Planet Venus akan berdampingan Gugus Kartika (Gugus bintang Pleiades), mereka hanya akan terpisahkan 2,5° persis seperti ilustrasi di atas.

Dalam astronomi, Pleiades atau Gugus Kartika (Messier 45) adalah sebuah gugus bintang terbuka di rasi bintang Taurus, merupakan gugus bintang paling jelas dilihat dengan mata telanjang, dan salah satu yang terdekat dengan Bumi. Dalam tradisi perbintangan Jawa ia dikenal sebagai Lintang Wuluh.

Dari Indonesia, keduanya sudah bisa diamati sekitar pukul 18:04 waktu lokal daerah Anda. Mereka berdua akan berada pada 27° di atas horison Barat Daya Anda.

Konjungsi Venus dengan Pleiades di langit Yogyakarta, 8 April 2015. Kredit: Eko Hadi G.
Tidak perlu menunggu hingga akhir pekan ini untuk mulai melihat konjungsi keduanya. Anda sudah bisa melihat keduanya mulai senja pada 9 April 2015, mereka akan berada di langit Barat Daya beberapa menit setelah Matahari terbenam.

Pada saat konjungsi, Venus akan berada di magnitudo -4,5 dan Pleiades di magnitudo 1,6. Dengan begitu, keduanya dapat diamati dengan mata telanjang, namun tentu akan lebih baik jika menggunakan teleskop atau teropong.

Pastikan langit cerah saat pengamatan. Selamat mengamati!
Venus Berdampingan dengan Gugus Bintang Pleiades Akhir Pekan Ini Venus Berdampingan dengan Gugus Bintang Pleiades Akhir Pekan Ini Reviewed by Riza Miftah Muharram on 4/09/2015 10:59:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.