Observatorium Bosscha Tidak Akan Dipindah ke NTT

Observatorium Bosscha Tidak Akan Dipindah ke NTT
Observatorium Bosscha. Kredit: Riza Miftah Muharram
Info Astronomy - Observatorium terbesar di Asia Tenggara, Observatorium Bosscha, diisukan akan dipindahkan ke Kupang, Nusa Tenggara Timur, akibat polusi cahaya yang semakin parah di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Namun isu hanyalah isu, Observatorium Bosscha akan tetap berada atau dengan kata lain tidak akan dipindah ke NTT atau ke manapun.

Kabarnya isu tersebut ditepis oleh Kepala Observatorium Bosscha, Dr. Mahasena Putra. Bosscha tidak akan dipindah, malah di Kupang, NTT nantinya bakal dibangun observatorium baru.

Sena menyatakan jika rencana pembangunan observatorium di NTT sudah dirintis oleh tim peneliti gabungan dari Institut Teknologi Bandung sejak 2009 silam. Meskipun demikian, Observatorium Bosscha masih akan tetap menjadi pusat penelitian astronomi di Indonesia (dan Asia Tenggara).

Peralatan Bosscha pada umumnya telah berusia tua. Padahal, untuk pembangunan penelitian, dibutuhkan peralatan canggih yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Oleh karena itu, para astronom menginginkan kehadiran teleskop baru yang modern dan canggih di Indonesia. Namun, Sena mengaggap, penggunanaan teleskop baru di Bosscha tak akan efektif karena langit Bandung hampir selalu berselimutkan awan dan polusi.

Terkait pembangunan observatorium di Kupang, NTT, Sena mengungkapkan jika tahapan realisasinya masih cukup lama. Pembangunan observatorium itu merupakan bagian dari rencana induk, di samping rencana peluncuran roket, pembuatan satelit, dan penginderaan jauh dari LAPAN.

Ayo masyarakat Indonesia, sadarlah kita sudah membuat langit tercemar dengan polusi!
Observatorium Bosscha Tidak Akan Dipindah ke NTT Observatorium Bosscha Tidak Akan Dipindah ke NTT Reviewed by Riza Miftah Muharram on 3/16/2015 04:01:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.